Pemkab Tapsel Kembangkan Desa Tangguh Bencana dengan Tanam Pohon


1
12 shares, 1 point
Pemkab Tapsel kembangkan desa tangguh bencana dengan tanam pohon
Kalaksa BPBD Tapanuli Selatan Ilham Suhardi tampak menanam pohon bersama Forkopimcam dan masyarakat dalam gerakan pengurangan risiko bencana di Kecamatan Angkola Sangkunur (Antaranews Sumut/Kodir)

Tapanuli Selatan – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) setempat melakukan aksi tanam pohon sebagai program pengembangan desa tangguh bencana 2018.

Kepala Pelaksana BPBD Tapanuli Selatan Ilham Suhardi, Senin, kepada Antara mengatakan aksi tanam ribuan pohon jenis Gaharru dan Bambu ini merupakan gerakan Pengurangan Risiko Bencana (PRB).

“Selain pihak BPBD, Forkopimcam, dan ratusan masyarakat terlibat dalam gerakan tanam pohon yang dilakukan di Desa Bandar Tarutung dan Desa Batu Godang, Kecamatan Angkola Sangkunur,”jelasnya.

Ribuan pohon gaharu dan bambu tersebut ditanami disepanjang bantaran sungai Batangtoru yang bersinggungan engan dua desa rawan bencana yakni Batu Godang – Bandar Tarutung.

Pengembangan Desa Tangguh Bencana Kabupaten Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut/Kodir)
Pengembangan Desa Tangguh Bencana Kabupaten Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut/Kodir)

“Harapan kita dengan ditanaminya pohon-pohon ini kedepan dapat meminimalisir banjir yang kerap terjadi di daerah tersebut. Masyarakat juga diminta dapat merawatnya dengan baik,”ujarnya.

Tujuan lainnya untuk menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan dan mendorong masyarakat menghidupkan sifat kegotongroyongan.

Selain menanam pohon, kelompok gotong royong juga melakukan pembersihan gorong-gorong dan saluran air yang ada di dua desa tersebut dengan harapan bila hujan air bisa mengalir lancar. (Antara Sumut)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
1
Suka
Takut Takut
0
Takut