Dirjen Kementan Bantu Bibit di 16 Desa Karo


0

Karo – Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian memberikan bantuan bibit lima veriasi kepada  warga pengungsi  16 desa pada empat kecamatan yang telah dipulangkan,  Jumat (28/2).

Pembagian bibit bantuan dilaksanakan di BBI Berastagi dihadiri Staf Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian  Novianti, utusan Dinas Pertanian Provsu, Kepalah BBI Joni Akim Purba, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Karo Agustoni Tarigan, PPK Pertanian Karo Munarta Ginting, Jansen Sagala, BNPB di wakili Dr Asren Nasution, Camat, Kepalah Desa dan Ketua Gapoktan masing-masing wilayah.

Jenis veriasi bantuan yang diberikan  kepada warga pengungsi, bibit cabe hibrida, jagung manis, kangkung darat, kubis (kol), buncis. Bantuan bibit ini diberikan kepada kepala desa atau ketua gapoktan di teruskan ke  warga petani, ungkap Agustoni Tarigan pada Analisa.

Bantuan bibit ke pengungsi diberikan gratis dan didapat dari produsen bibit binaan Kementerian Pertanian, mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi  petani di 16 desa empat kecamatan yang telah kembali ke desa masing-masing dari pengungsian, ujar Staf Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Novianti ketika membagikan bibit bantuan kepada pemerintah desa atau Ketua Gapoktan.

Hasil uji coba tanaman balai percobaan bibit pulau gadung (BBI) Berastagi  menghasilkan, debu vulkanik murni bila diperuntukan untuk bercocok tanam tidak baik untuk tanaman, namun debu vulkanik 50 dicampur tanah 50  persen dapat menghasilkan tanaman dengan pertumbuhan yang cukup bagus tanpa pupuk atau pestisida, ungkap Kepala BBI Berastagi Joni Akim Purba  saat menguraikan efek debu  vulkanik.

BNPB diwakili Asren Nasution dalam hal ini memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian Kabupaten Karo yang sudah optimal bekerja  untuk membantu masyarakat pengungsi, sebab itu, kepada warga di 16 desa hendaknya memanfaatkan bantuan yang ada sebaik mungkin.

Bantuan  lain dari Kementerian Pertanian, Kementerian PU dan lain sebagainaya diharap segera terealisasikan, mengingat warga pengungsi di 16 desa empat kecamatan saat ini sangat membutuhkan perhatian serius jadi apa salahnya jika bantuan tersebut disegerakan, kata Agustoni. (dik) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut