Enam bulan tak gajian, akhirnya gaji perangkat desa Tapsel cair juga


0

Tapanuli Selatan – Kabar gembira menyelimuti unsur pemerintahan desa di Tapanuli Selatan. Pasalnya, honor pemerintahan desa (pemdes) atau perangkat desa akhirnya cair setelah enam bulan tak gajian.

Saat ini, sebanyak 81 dari 248 desa dan kelurahan di daerah itu, telah mencairkan honor yang bersumber dari APBD tersebut.

Sedangkan sisanya sebanyak 167 desa dan kelurahan masih dalam proses di Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemmasdes Tapsel Ginda Uli Pasaribu melalui Sekretaris Dinas Maratinggi, Selasa (13/6).

“Sudah 81 desa yang mencairkan, sisanya sedang diproses di Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah,” sebutnya.

Honor tersebut sambung Maratinggi meliputi Kepala desa (kades), Kaur desa, Kepala Kampung, Kepala Lingkungan, Ketua, Sekretaris dan anggota BPD. Honor tersebut masuk melalui rekening masing-masing desa.

“Honor yang cair ini adalah untuk Januari hingga Juni ditambah honor ke-13. Totalnya tujuh bulan,” ujarnya.Nominal honor juga tidak sama setiap desa. Sebab, tergantung jumlah perangkat desa yang dimiliki.

“Total dana yang telah dicairkan untuk 81 desa adalah Rp6.528.847.000,” ungkapnya sambil merincikan honor Kades Rp2,4 juta, Kaur Rp450 ribu, Kepala Kampung dan Kepala Lingkungan Rp800 ribu, Ketua BPD Rp750 ribu, Wakil dan Sekretaris BPD Rp350 ribu, serta anggota BPD sebesar Rp250 ribu.

”Dalam pencairan ini tidak ada pemotongan,” tegas sekretaris. [metrotabagsel.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut