F-16 Turki Tembak Jatuh MiG-23 Suriah


0

Angkatan Udara Turki tembak jatuh sebuah jet tempur Suriah pada Minggu waktu setempat. Turki menuduh pesawat Suriah telah langgar wilayah udaranya, sementara Suriah menyatakan Turki bertindak semena-mena.

“Sebuah pesawat Suriah melanggar wilayah udara kita,” kata Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, kepada para pendukungnya dalam suatu kampanye. “Pesawat F-16 kita langsung bertindak dan menembak jet itu. Mengapa? Karena kalau sudah melanggar wilayah udara, kita bakal bertindak keras,” lanjut dia.

Militer Turki, seperti dikutip stasiun berita BBC, mengungkapkan bahwa dua jet tempur MiG-23 Suriah diketahui menyusuk masuk tanpa izin pada Minggu siang sekitar pukul 13 waktu setempat. “Mereka sudah empat kali diperingatkan begitu mendekat perbatasan udara Turki,” demikian pernyataan resmi militer Turki.

Satu dari dua jet Suriah itu kemudian berbalik. “Namun jet yang lain tetap masuk ke wilayah udara Turki di area perbatasan Bukit Camli di Yayladag, Hatay, walau sudah diperingatkan. Pesawat itu kemudian bergerak ke arah barat dan terus terbang di wilayah udara kami,” lanjut militer Turki.

Pada saat itulah satu dari dua jet tempur F-16 Turki menembakkan rudal ke arah jet Suriah. Pesawat itu lalu jatuh di Kesab, wilayah Suriah yang terletak 1,200 meter di sebelah selatan perbatasan. Menurut laporan, sebelum jetnya menghujam bumi, pilot berhasil keluar dari pesawat.

Suriah Marah

Sementara itu, Suriah marah atas perlakuan Turki. Penembakan itu Suriah sebut sebagai “agresi yang terang-terangan,” ungkap kantor berita Reuters.

Menurut Suriah, jet-jet tempur mereka saat itu tengah mengejar para pemberontak anti pemerintahan Bashar al-Assad. Pengejaran masih berada di wilayah Suriah.

Ini bukan kali pertama jet tempur Turki menghancurkan alat militer Suriah. Enam bulan lalu Turki juga menembak jatuh sebuah helikopter Suriah, yang dituduh langgar wilayah udara di sektor yang sama.

Turki pun pada akhir 2012 melancarkan serangan artileri ke sejumlah target di Suriah. Ini merupakan serangan balasan setelah Suriah menembak jatuh sebuah pesawat tempur Turki.

Turki sebenarnya pernah bersekutu dengan Suriah. Namun, PM Erdogan belakangan menentang keras cara-cara Presiden Assad dalam menangani pemberontakan di Suriah. Turki pun lalu mendukung kelompok-kelompok pemberontak di Suriah untuk menjungkalkan kekuasaan Assad. (Viva.co.id)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut