Foto Bupati Dan Wabup Palas Sedot Anggaran Dana BOS


0

Foto Bupati Dan Wabup Palas Sedot Anggaran Dana BOSSIBUHUAN – Diperkirakan, lebih Rp 130 juta bantuan operasional sekolah(BOS) Kab. Padang lawas(Palas) disedot untuk membayar sepasang foto Bupati dan Wakil Bupati(Wabup) Palas untuk dipajang di sekolah tingkat SD dan SMP.

Informasi yang dihimpun Waspada, 271 SD dan SMP negeri diwajibkan membayar foto pasangan kepala daerah tersebut, dengan perincian setiap sekolah membayar Rp 600 ribu. Dengan demikian, jumlah dari pembayaran foto itu Rp 130.200.000.

Salah seorang kepala sekolah menyebutkan, pembayaran foto itu dilakukan pada triwulan ke 3 pencairan dana BOS, dimana dalam laporan surat pertangung jawaban dituliskan Rp 600.000,namun dalam pembayaran nya Rp 550.000.

Kordinator Umum Aliansi Mahasiswa Pemuda Perjuangan Rakyat (AMPPERA) Padang lawas Zainal Abidin Hasibuan, S.Pd mengatakan, sesuai dengan hasil insvetigasi mereka lakukan baru baru ini, penjulan foto pasangan bupati dan wakil bupati tersebut ditangani oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Padang lawas.

Khusus untuk Kecamatan Barumun ditangani oknum staf sekretariat Kantor Bupati dimana yang melakukan pengutipan kepada Kepala Unit Pelaksana Tehnis (UPT) di kecamatan dilakukan staf tenaga kerja sukarela wasan (TKS) di dinas pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Padang lawas Hj Masnot yang dijumpai di Sibuhuan, Selasa (14/10), tidak bersedia memberikan penjelasan mengenai penjualan foto tersebut. Dia mengatakan hal itu ditanyakan kepada Kepala Dinas Pendidikan.

”Lagian yang melakukan penjualan foto itu adalah orang sekretariat kantor bupati,  jadi mana bisa kita komentari,” ujar Hj Masnot.

Manejer Dana BOS Padang lawas, Muliadi Hasibuan,mengatakan, sesuai dengan Permen dikbud no. 2 tahun 2013 dan Juknis BOS 2014, panitia dana BOS tidak boleh melakukan transaksi jual beli terhadap anggaran dana BOS.

Kepala Dinas Pendidikan Padang lawas Dra Hj Hamidah Pasaribu MPd tidak berada di kantornya  saat dijumpai wartawan.

Menurut stafnya, Kadis sedang keluar. Kasub bag Humas dan Protokol Sekretariat Kantor Bupati Palas Alianda MM, Rabu, (15/10),membenarkan adanya pengadaan foto bupati dan Wabup.

Katanya, hal itu bukan perintah bupati namun arahan disampaikan Assisten 1 Bidang Pemerintahan Gunung tua Hamonangan Daulay. Menurutnya Alianda, hal itu disampaikan Ass 1 agar seluruh siswa SD yang ada di Kec. Barumun mengenal pemimpin daerahnya. Sementara harga yang mereka buat Rp 500 ribu untuk foto dan bukan Rp 600 ribu,karena harga dari percetakan Rp 400 ribu.

“Jumlah sekolah hanya 29 dan selisih harganya cuma Rp 2.900.000, itupun kalau ada yang keberatan lebih baik dibatalkan,” ujar Alianda. (a34) (Waspada)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut