Hama Jenis Kutu Putih Resahkan Petani Marancar Tapsel


1
29 shares, 1 point
Hama Jenis Kutu Putih Resahkan Petani Marancar Tapsel
(Analisa/hairul iman hasibuan) PERKEBUNAN: Hamparan perkebunan masyarakat di Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Tapanuli Selatan – Hama jenis kutu putih meresahkan petani kebun di Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Pantauan Analisa, Senin, (15/4), hama kutu putih itu, menempel didaunan berbagai jenis tanaman yang ada dikawasan itu, seperti pohon manggis, cokelat, kopi, pe­paya, cabai, sayur mayur dan lainnya.

Akibatnya, dedaunan tanam itu, berubah warna dari hijau menjadi kuning kemerahan. “Hasil panen jadi tidak maksimal akibat serangan hama yang biasanya menyerang bagian daun tanaman,” ujar Hasni Lubis (70) warga Desa Pangarongan Lama Kecamatan Marancar.

Dikatakan, untuk mengatasi dan menghalau serangan hama itu, dilakukan penyemprotan dan pupuk, namun tidak dilakukan secara berkesinambungan karena biaya yang terbatas. “Jika penyemprotan dan pupuk bisa dilakukan secara berkesinambungan, hama itu akan hilang dan penghasilan petani bisa maksimal,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Insan Ritonga (60) yang berharap, adanya pihak yang mau mengulurkan tangan untuk membantu keresahan para petani di daerah ini. ” Jika tanaman ini aman dari hama, tentu produktivitasnya bisa naik dan ekonomi petani bisa meningkat,” terangnya.

Terpisah Wakil DPRD Tapsel Naswardi Sihaloho menilai, lemahnya daya tahan tanaman ini diakibatkan adanya perubahan iklim khususnya di daerah Tapsel. ” Melemahnya daya tahan akibat perubahan iklim ini, tidak hanya dialami tanaman namun juga manusia,”ungkapnya sembari menyebut selain pemerintah pihak swasta juga bisa memberikan andil dalam me­ngatasi permasalahan hama tersebut. (hih) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
1
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut