Harga Bawang Putih di Tapsel Capai Rp52 Ribu per Kilo


2
2 points
Harga bawang putih di Tapsel capai Rp52 ribu per kilo
Pemkab Tapanuli Selatan memantau harga-harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di daerah itu. (Antara Sumut/Kodir)

Tapanuli Selatan – Persediaan sejumlah bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan di pasar tradisonal di Kabupaten Tapanuli Selatan tergolong aman, hanya saja harga sejumlah komoditas mulai mengalami kenaikan.

“Seperti bawang putih yang hari ini harganya mencapai Rp52 per kilogram,” kata Kadis Perdagangan dan Koperasi UKM Tapsel, Ahmad Radja kepada ANTARA di Sipirok, Kamis (2/5).

Hal itu disampaikannya usai memantau harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Sipirok bersama sejumlah staf Perindag dan Koperasi UKM Tapanuli Selatan menjelang bulan suci Ramadhan.

Naiknya bawang putih menjadi Rp52 ribu per kg dari sebelumnya hanya Rp33 ribu diduga akibat pasokan yang berkurang.

Hanya saja Pemerintah sedang berupaya mengendalikan kenaikan harga komoditas bawang putih yang terjadi hampir di seluruh Indonesia.

Sementara itu harga beras jongkong IR 64 per kg kilo dijual Rp15 ribu, minyak goreng Bimoli Rp15 ribu, minyak goreng curah kuning Rp10 ribu, tepung terigu biru Rp11 ribu, dan harga daging sapi Rp130 ribu per kg.

Kemudian harga daging ayam broiler Rp30.500 per kg, bawang merah lokal Rp32 ribu, ikan kembung Rp40 ribu sampai 45 ribu per kg, telur ayam broiler Rp19.500 per papan, telur ayam kampung Rp4.000 per butir, sedangkan cabai biasa dan cabai rawit Rp35 ribu per kg.

Menurut dia, meski ada sebagian harga bahan pokok naik, namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kondisi perdagangan yang masih terpantau lancar dan aman.

“Dalam rangka antisipasi gejolak harga, distribusi dan cadangan pangan kita akan terus melakukan pemantauan harga-harga ke sejumlah pasar kelas dua di daerah ini,” katanya. (Antara Sumut)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
1
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut