Harga Getah Karet Paluta Stabil Rp7.000 per Kg


0

PALUTA – Harga getah karet yang merupakan komoditas andalan di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) hingga saat ini masih belum mengalami peningkatan dan stabil di kisaran Rp7.000 per Kg.

Amatan METRO, Sabtu (29/3), harga getah karet masih berada di kisaran Rp7.000 per kilogram dan tidak mengalami perubahan dari minggu yang sebelumnya yang juga berada di kisaran harga Rp7.000 per kilogram.

Toke getah Tembal Siregar (43) asal Desa Sidingkat, Kecamatan Padang Bolak mengaku bahwa harga getah untuk saat ini di tingkatan masyarakat petani masih belum mengalami perubahan dalam sepekan terakhir ini. “Masih sama harganya dengan minggu sebelumnya, belum ada peningkatan harga,” ujarnya kepada METRO.

Sebagai pengumpul (toke) getah, dirinya mengaku bahwa dengan kondisi harga getah yang bisa dikatakan murah ini membuat barang ataupun getah karet yang didapatkannya di lapangan berkurang meskipun tidak terlalu drastis.

Menurutnya, kemungkinan besar harga getah yang murah ini menyebabkan minat masyarakat untuk merawat serta menyadap getah karetnya menjadi berkurang. “Karena harga murah masyarakat jadi kurang semangat menderes, otomatis barang yang kita dapatkan dilapangan menjadi berkurang,”ujarnya.

Senada dikatakan oleh Baginda Harahap (33), petani karet warga Desa Purba Sinomba, Kecamatan Padang Bolak, harga getah sudah sangat lama tidak mengalami peningkatan dan saat ini harga getah dinilai sangat terlalu rendah. “Sudah lama harga getah tidak naik-naik, sudah sangat terlalu rendah harganya saat ini,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan kondisi harga getah saat ini membuat para petani menjerit di tengah harga kebutuhan pokok yang sangat mencekik pada saat ini. Dirinya berharap agar pemerintah dapat memperjuangkan peningkatan harga getah kedepannya demi perbaikan ekonomi masyarakat Paluta yang hampir 75 persennya adalah petani.

Ketika disinggung apakah situasi politik yang sedang memanas saat ini menjadi salah satu penyebab rendahnya harga getah, ia mengatakan bahwa ia tidak mengerti terkait permasalahan itu. “Tidak tahulah Pak, saya tidak mengerti tentang masalah politik dan hubungannya sama harga getah,” tutupnya. (mag-02) (Metrosiantar.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut