Hari Ini, MTQ Madina XIII Dimulai


0

Panyabungan. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIII tingkat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) 2014 dimulai hari ini, Jumat (28/3). Rencananya, MTQ yang dipusatkan di Kelurahan Muarasoma, Kecamatan Batang Natal itu dibuka Plt Bupati Dahlan Hasan Nasution ditandai dengan pemukulan bedug. “Plt Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution akan hadir sekaligus melepas pawai ta”aruf dan memberikan sambutan pada acara pembukaan,” kata Kepala Bagian Kesejahtraan Rakyat (Kesra) Setdakab Madina M Taufik Lubis SH MM, di Panyabungan, Kamis (27/3).

Sebelum pembukaan, kegiatan MTQ menurut Taufik akan diawali dengan pelaksanaan pawai ta”aruf yang akan diikuti seluruh peserta yang merupakan perawakilan kecamatan se-Kabupaten Madina. “Untuk persiapan panggung dan lain sebagainya hingga Kamis (27/3) sudah mencapai 100 persen, termasuk menyangkut persiapan pemondokan kafilah serta akomodasi,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, MTQ Madina XIII akan memperlombakan 7 cabang yang terdiri dari 16 golongan dan kegiatan. Kemudian Pemkab Madina melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur”an (LPTQ) tetap komitmen untuk mengutamakan putra daerah, baik sebagai peserta MTQ maupun pada saat pembinaan-pembinaan yang akan dilakukan.

“Sudah menjadi komitmen kita bahwa pelaksanaan MTQ baik tingkat kecamatan maupun kabupaten memberdayakan putra daerah. Oleh karena itu melalui MTQ kita akan berupaya keras melakukan pembinaan-pembinaan terhadap putra-putri asli Madina,” ungkapnya.

Untuk merealisasikannya, Pemkab Madina sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk mencari qari dan qariah yang tersebar di wilayah Madina.

“Saya yakin Madina memiliki putra-putri daerah yang berpotensi di bidang seni baca Alquran, namun bisa saja potensi mereka saat ini tidak tercium oleh kita. Untuk mengetahuinya manfaatkan keberadaan pesantren dan para guru mengaji, karena mereka adalah pilar utama pembinaan selama ini” paparnya.
Taufik merasa bangga serta menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah dan masyarakat Batang Natal yang telah bersedia dan begitu antusias menjadi tuan rumah penyelenggaran MTQ tahun ini.

“Kita berharap MTQ akan membawa nilai-nilai positif di Kecamatan Batang Natal khususnya dan Madina pada umumnya. Harapan kami tentunya kafilah dari seluruh kecamatan dapat menikmati kesejukan alam dan betah berada di Batang Natal dengan keramahan serta kearifan masyarakatnya ,” pungkas Taufik. (zamharir rangkuti) (MedanBisnisDaily.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut