Hari Menanam Satu Miliar Pohon Tapsel dipusatkan di Jalan Baru Aek Latong


0

SIPIROK– Hari menanam satu miliar pohon dan bulan menanam pohon nasional yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono, serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, Kamis (28/11). Di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), penanaman secara simbolis dipusatkan di Jalan Baru Aek Latong, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok.

Program Nasional tersebut ditandai dengan penanaman pohon oleh Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu bersama Ketua Tim penggerak PKK Tapsel Ny Syaufia Lina Syahrul, Ketua DPRD Tapsel H Rahmat Nasution, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Padangsidimpuan Nadda SH M Hum, Ketua MUI Tapsel, perwakilan Polres, Kodim, Yonif, Den C Brimob Poldasu, pimpinan SKPD  Tapsel, pimpinan BUMD, BUMN, Perusahaan, tokoh masyarakat, pelajar dan masyarakat.

Dalam arahannya, Syahrul mengatakan, setelah kegiatan ini masyarakat harus dapat lebih giat menanam, merawat pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap penghijauan. Masyarakat Tapsel juga diajak untuk menghentikan perambahan hutan atau penebangan pohon secara besar-besaran yang dapat merusak kondisi hutan karena berdampak pada kerusakan lingkungan sekitar.

“Karena lingkungan yang kita nikmati saat ini adalah lingkungan yang kita pinjam dari anak cucu kita. Maka jaga dan kembalikan kepada mereka dengan kondisi baik tanpa rusak sedikit pun. Saya sangat sepakat dengan semoboyan Kementerian Kehutanan yang berbunyi, Banyak Pohon Banyak Rezeki,” kata Syahrul.

Ketua Tim Penggerak PKK Tapsel menambahkan, saat ini PKK sedang memotori  pemeliharaan terhadap pohon yang ditanam sejak 3 tahun terakhir. Menurutnya sungguh sangat disayangkan sekali jika ribuan pohon yang ditanam tidak pernah dipelihara dan ahirnya mati dengan begitu saja. “Kita sudah menggandeng instansi pemerintah dan sekolah untuk memelihara pohon yang ditanam di pekarangan gedung mereka. Sifatnya berupa gotong royong, karena tidak ada anggaran pemerintah untuk pemeliharaannya. Minimal ini upaya kita untuk mewariskan lingkungan yang baik dan sehat kepada generasi penerus bangsa ke depan,” ujar Ketua TP PKK Tapsel.

Sebelumnya, ketua panitia Sumino menyebutkan, penanaman pohon ini merupakan kegiatan nasional yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan hari menanam pohon dan bulan menanam pohon nasional adalah untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya menanam dan memelihara pohon dengan berkelanjutan dan berkesinambungan untuk mengantisipasi pemanasan global yang menjadi masalah dunia pada akhir-akhir ini.

Di samping itu, meningkatkan upaya konservasi (pelestarian,red) sumberdaya genetik tanaman hutan juga dapat mencegah banjir, bahkan yang lebih penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dan memeliharanya sebagai bagian dari sikap atau budaya bangsa yang harus dijaga dan dipertahankan dalam kehidupan sehari-hari. (ran) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut