Hatta merapat ke Prabowo karena ‘digantung’ PDIP?


0

Partai Amanat Nasional dikabarkan kini lebih condong berkoalisi dengan Partai Gerindra . Duet Prabowo Subianto – Hatta Rajasa dengan tagline ‘Prabowo Berjasa’ muncul dalam beberapa hari terakhir. Padahal, sebelumnya, PAN berupaya merajut koalisi dengan PDIP dengan menggelar beberapa kali pertemuan sebelum pemilu legislatif.

Prabowo bersama Hatta Rajasa (Prabowo Berjasa) menjadi pembicaraan di kalangan internal DPP PAN . Kabar dari lingkaran dekat Hatta, koalisi PAN dengan Gerindra tinggal menunggu waktu untuk diumumkan.

“Tunggu saja, PAN sekarang lagi intens bertemu dengan Gerindra ,” kata sumber tersebut dalam perbincangan dengan merdeka.com, Selasa (15/4).

Dia menjelaskan, keputusan PAN berbalik arah dari PDIP karena sulitnya menjalin komunikasi dengan Megawati Soekarnoputri . Selama ini komunikasi dilakukan hanya melalui Jokowi, Puan Maharani, dan Sekjen Tjahjo Kumolo. “Pak Hatta ingin bertemu langsung dengan Ibu Mega, untuk memastikan koalisi. Tapi sampai sekarang belum pernah bisa bicara empat mata,” tukas sumber tersebut.

Dengan memastikan koalisi di awal, sumber tersebut mengatakan, PAN ingin memastikan posisinya dalam koalisi. “Tentu saja Pak Hatta mengincar posisi cawapres, wajar saja,” tukasnya.

Namun, sejauh ini, lanjut dia, sikap PDIP terkesan akan memutuskan di saat-saat terakhir siapa pendamping Jokowi. Dan hal inilah yang kurang bisa diterima PAN .

Sementara soal koalisi dengan Gerindra , sumber tersebut mengatakan, Prabowo memang sejak lama membutuhkan pendamping yang memiliki profil seperti Hatta, mengerti birokrasi, berpengalaman di pemerintahan, dan memiliki jaringan luas.

Yang dibutuhkan saat ini adalah ‘pihak ketiga’ karena gabungan suara Gerindra dan PAN belum mencukupi untuk mengusung pasangan capres dan cawapres. Satu partai yang akan diajak bergabung adalah Partai Demokrat. “Prabowo akan segera bertemu dengan SBY untuk membicarakan ini,” ujar sumber itu lagi.

Sementara itu Wasekjen PAN Teguh Juwarno tidak menampik adanya wacana duet Prabowo Subianto dengan Hatta Rajasa (Prabowo Berjasa) di Pilpres 2014 Juli nanti. Namun dia belum dapat memastikan kapan duet tersebut dapat terwujud.

Teguh menyatakan bahwa sampai saat ini memang antara PAN dan Gerindra khususnya Prabowo dan Hatta sudah menjalin komunikasi dengan intens. Hal ini juga terkait dengan penyamaan visi misi partai untuk membangun Indonesia.

“Komunikasi politik intensif memang sudah dilakukan, termasuk penyamaaan platform,” ujar Teguh kepada merdeka.com, Senin (14/4).

Kendati begitu, duet Prabowo – Hatta belum bisa dikatakan final. Dia menyarankan agar publik menunggu pengumuman resmi dari kedua partai. “Belum final sampai ada pengumuman resmi,” pungkasnya. (Merdeka.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut