Hypnobirthing Diperkenalkan kepada Bidan Tapsel


0
Hypnobirthing
Hypnobirthing

TAPSEL – Perasaan takut ketika hendak melahirkan, tak jarang menjadi kendala pada proses persalinan. Terlebih bagi calon ibu yang baru pertama kali melahirkan. Namun, ketakutan akan persalinan itu kini bisa diatasi dengan hypnobirthing.

Kini hypnobirthing sudah diperkenalkan kepada para bidan di acara ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia ke 64 di Komplek Perkantoran Bupati Tapanuli Selatan, Sipirok, Kamis (2/10).

Ahli Hipnoterapi Ganti Tua Siregar yang memaparkan hipnobirthing menerangkan, bahwa rasa cemas justru memicu rasa sakit saat melahirkan.

“Rasa sakit muncul karena saat mau melahirkan, mereka merasa tegang dan takut, akibat mendengar cerita sakit saat melahirkan. Perasaan ini selanjutnya membuat birth canal (jalur lahir) menjadi mengeras dan menyempit. Nah, saat kontraksi alamiah mendorong kepala bayi untuk mulai melewati jalur lahir, terjadi resistensi yang kuat. Ini yang menyebabkan rasa sakit yang dialami seorang wanita saat melahirkan,” jelas Ganti yang juga dosen di akademi kebidanan tersebut.

“Dengan hypnobirthing, kita belajar berpikir tenang dan positif, sehingga proses melahirkan bisa dihadapi dengan tenang. Cara paling mudah adalah dengan napas,” ucap Ganti.

Ia kemudian menjelaskan bahwa hipnosis adalah upaya pemberdayaan pikiran bawah sadar dengan mengistirahatkan pikiran sadar. Dengan pengertian hipnosis adalah santainya otak yang dapat diperhatikan dari dominannya irama alfa 7-14 Hertz pada EEG (Elektro-Ensefalo-Grafi).

“Ketika gelombang pikiran sudah masuk, maka akan menghasilkan zat endorphin alami yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit. Jadi hypnobirthing adalah upaya alami untuk menanamkan niat positif ke pikiran bawah sadar, agar ibu dapat menjalani kehamilan dengan sehat dan menghadapi persalinan dengan tenang dan alami,” jelas ahli hipnoterapi tersebut.

“Keuntungan hypnobirthing bagi pasien persalinan ialah untuk menghimpun hormon endorfin yang berguna mengurangi rasa nyeri yang timbul saat persalinan. Meningkatkan komunikasi bathin sejak dalam kandungan, meminimalkan stres dan depresi saat melahirkan, serta dapat mengontrol emosi. Selain itu, dapat diterapkan pada pasien dengan rekaman negatif,” demikian Ganti. (mag-01) (Metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut