Ini 10 Cara yang Terbukti Ilmiah Bisa Stop Merokok


0

nosmoking

Jakarta Sudah tahu buruk bagi kesehatan, nyatanya tak banyak orang yang bisa tuntaskan merokok. Setidaknya banyak ilmuwan yang mencoba menciptakan berbagai alat dan teknik untuk membantu berhenti dari kebiasaan buruk ini.

“Namun beda individu, beda juga trik yang dapat dipakai untuk membantu menekan keinginan merokok mereka,” urai Glen Morgan, direktur Behavioral Research Program di Tobacco Control Research Branch, National Cancer Institute.

Berikut beberapa metode yang ditemukan peneliti dan telah terbukti ilmiah dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok, seperti dikutip dari Livescience, Kamis (13/2/2014):

1. Olahraga

olahraga

Biasanya durasi craving atau munculnya keinginan untuk merokok yang dimiliki setiap orang rata-rata hanya berlangsung sekitar 5-10 menit. “Jadi kurangi craving itu dengan melakukan hal lain untuk jangka pendek, misal jalan-jalan sebentar,” saran Morgan

Lagipula olahraga tak hanya dapat berfungsi sebagai pengalih perhatian namun juga membantu mengurangi craving karena olahraga juga meredakan stres, kecemasan atau depresi yang biasanya mempengaruhi keinginan seseorang untuk merokok.

2. Angkat berat

barbel

Sama halnya dengan latihan kardiovaskular, angkat berat juga terbukti dapat membantu seseorang mandeg dari kebiasaan merokoknya, meski datanya hanya berasal dari studi-studi berskala kecil.

Setidaknya angkat berat dapat mengalihkan perhatian Anda dari si batang tembakau.

3. Rokok elektrik

ecigarette

Kendati dapat membuat beberapa orang berhenti merokok, Morgan mengatakan tak ada percobaan klinis yang memastikan efektivitas rokok ini, jadi belum jelas apakah rokok elektrik benar-benar bisa membantu seseorang untuk berhenti merokok atau tidak.

Apalagi FDA tidak mengatur peredaran produk ini jadi penggunanya takkan pernah tahu berapa banyak kandungan nikotin dan racun lain di alamnya. Dikhawatirkan penggunaan rokok elektrik malah menyebabkan masalah lain.

4. SMS

ponsel

Sebuah lembaga di AS merekomendasikan penggunaan ponsel untuk berhenti merokok, misalnya sebagai sarana konseling atau sebagai bentuk dukungan bagi mereka yang ingin menuntaskan kebiasaan merokoknya.

Menurut Lorien Abroms, profesor bidang komunikasi dan pemasaran kesehatan dari School of Public Health and Health Services, George Washington University, ada sebuah program berbasis SMS yang akan mengirim dua-tiga SMS berisi pesan pengingat dan data pendukung seperti survei interaktif sehingga pengguna dapat mengirim pesan lagi untuk mendapat informasi lebih lanjut tentang cara-cara berhenti merokok.

Salah satu layanannya tersedia secara gratis di situs smokefree.gov.

5. Aplikasi

smart

Abroms mengatakan ada berbagai aplikasi ponsel pintar yang dapat membantu seseorang agar stop kebiasaan merokoknya. Abroms sendiri berhasil menemukan ada sekitar 98 program.

Namun tak ada studi yang mengatakan aplikasi ini benar-benar efektif. “Banyak orang yang memakai aplikasi ini, mereka mengunduhnya. Tapi kebanyakan dari mereka kekurangan fitur-fitur penting. Misalkan banyak program yang mengabaikan sumber daya lain seperti terapi nikotin,” tegas Abroms.

Ada juga aplikasi yang mempunyai fitur permainan trivia untuk membantu mengalihkan perhatian si perokok ketika mereka merasa mulutnya pahit. “Bisa saja mereka memainkan ‘Angry Birds’ untuk distraksi tapi game ini bukanlah hal pertama yang terlintas dalam benak perokok saat mereka menginginkan rokok,” urainya.


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut