Irigasi Jebol, 50 Ha Sawah di Pargarutan Tapsel Terancam Gagal Panen


1
1 point
Irigasi Jebol, 50 Ha Sawah di Pargarutan Tapsel Terancam Gagal Panen
Ilustrasi

Tapanuli Selatan – Masyarakat Gunungtua Pargarutan, Desa Pargarutan Jae, Kecamatan Angkola Timur, mengharapkan perhatian dari Pemkab Tapsel, untuk memprioritaskan pembangunan, irigasi di wilayah itu.

Pasalnya, hujan lebat yang melanda pada 25 Januari 2019 lalu, telah mengakibatkan irigasi Aek Batang Kumal di Gunungtua Pargarutan jebol.

“Sesuai laporan Kepala Desa, ada 50 hektare areal persawahan yang menggunakan irigasi itu di hilir. Kita sudah memberitahukan terjadinya bencana itu ke BPBD Tapsel,” sebut Plt Camat Angkola Timur.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tapsel Ilham Suhardi memalui Sekretaris ,Umar Halomoan Daulay Selasa (23/4) menjelaskan, BPBD Tapsel, telah mengetahui kerusakan irigasi akibat bencana tersebut. Dan, saat ini masih dalam upaya menyusun langkah untuk mengatasi kondisi kerusakan yang ada.

“Tentu itu akan menjadi salah satu prioritas kita. Namun tentunya, tetaplah harus menyesuaikan kondisi keuangan,” ujarnya.

Diutarakan, sesuai dengan surat pemberitahuan Kepala Desa Pargarutan Jae Juliansyah Harahap dan diketahui Plt Camat Angkola Timur, kerusakan yang terjadi memiliki ukuran, panjang sekitar 30 dan tinggi 7 meter.

Daud Siregar (57) salah seorang warga pada awak media ini mengakui adanya kerusakan tersebut. Dan, irigasi yang rusak, telah mengakibatkan puluhan hektare sawah terbengkalai. “Karena kerusakan itu, sebagaian besar sawah tak bisa diolah, karena keterbatasan pasokan air,” ungkapnya. (ran) (FaseBerita)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
1
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut