Izin Lokasi PT ALN di Mandailing Natal Dipertanyakan


0

Madina – Dalam sidang lanjutan gugatan KP USU atas penerbiatan Izin Lokasi yang dimiliki PT Agro Lintas Nusantara (ALN) dikeluarkan Bupati Mandailing Natal (Madina) Non Aktif HM Hidayat, Selasa (4/3), di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN), meninggalkan tanda tanya.

Hal itu diperkuat dengan belum ditunjukkannya surat Izin Lokasi yang diklaim milik PT ALN sebagai tergugat intervensi di atas eks lahan KP USU seluas 10.000 hektar di Kecamatan Batang Muara Gadis, Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Menurut Handarbeni Imam Arioso dan Marlon E Tobing (dari Adnan Buyung Nasution & Partners) kuasa hukum KP USU (Koperasi Pengembangan Universitas Sumatera Utara), dalam persidangan hingga saat ini, kuasa hukum tergugat intervensi (PT ALN) belum bisa menunjukan bukti otentik kepemilikan Izin Lokasi PT ALN kepada majelis hakim PT TUN.

Padahal, yang diperkarakan dalam persidangan terkait surat Izin Lokasi PT ALN. “Tapi sampai saat ini kami belum melihat bukti surat Izin Lokasi milik PT ALN, baik fotocopy maupun aslinya. Padahal, majelis hakim sudah mengingatkan kuasa hukum PT ALN untuk segera melengkapi bukti-bukti, salah satunya adalah Izin Lokasi yang menjadi objek pekara,” ujarnya.

Di persidangan pada 28 Februari, kuasa hukum tergugat intervensi beralasan belum dapat melengkapi bukti Izin Lokasi PT ALN. Itu dimaklumi. Namun, di persidangan 4 Maret, juga kuasa hukum PT ALN tak dapat menunjukan bukti Izin Lokasi. “Ada apa ini. Sepertinya ada yang ditutupi soal Izin Lokasi?” ujar Marlon E Tobing.

Dalam penyerahan penambahan bukti fakta, kuasa hukum PT ALN menunjukan surat keterangan yang dikeluarkan Pemkab Madina terkait Izin Lokasi. “Itu pun diminta majelis hakim untuk dipastikan kebenarannya. Sebab, diduga adanya perbedaan tanda tangan sehingga bukti tersebut ‘ditarik’ kembali dalam persidangan,” jelas Marlon.

Sementara itu, kuasa hukum PT ALN, Luhut P Siahaan SH MKn kepada wartawan mengakui belum melampirkan bukti objek perkara (Izin Lokasi). “Tapi, kita memiliki surat keterangan dari Pemkab terkait izin lokasi PT ALN. Di persidangan berikutnya kita akan menyerahkan surat keterangan itu,” ujarnya. (sug/rel) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut