Jalan Menuju Aekbolon Terancam Longsor


0
Terancam Longsor Ruas jalan menuju Desa Aekbolon tampak digenangi air membuat tanah penahan badan jalan terancam longsor disambut baik dinas terkait akan secepatnya mendapat perhatian. (medanbisnis/tumbur tumanggor)
Terancam Longsor Ruas jalan menuju Desa Aekbolon tampak digenangi air membuat tanah penahan badan jalan terancam longsor disambut baik dinas terkait akan secepatnya mendapat perhatian. (medanbisnis/tumbur tumanggor)

Balige – Ruas jalan penghubung dua desa yakni Desa Aekbolon Jae dan Aekbolon Julu tepatnya di Desa Sianipar Sihailhail, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) terancam longsor. Ruas jalan desa yang baru saja mendapat pelebaran itu kini berubah menjadi tempat penampungan debit air yang intensitasnya cukup tinggi mengingat badan jalan dikelilingi perbukitan.

“Semalam hujan cukup lumayan deras, dimana debit air dari bukit turun dengan deras juga sehingga badan jalan menjadi tempat penampungannya. Akibat semakin banyaknya air yang tergenang juga membuat tanah penahan badan jalan terancam longsor,” ujar salah seorang warga Timbul Siahaan, Jumat(26/9).

Dia mengatakan, bilamana akses jalan Aekbolon tidak secepatnya ditangani, diyakini oleh dia, akan menimbulkan masalah. Dimana, jalan satu-satunya ke daerah itu akan terancam putus. “Sekarang karena genangan air saja sudah masalah, bagaimana kalau longsor, pasti hubungan juga ikut terputus,” sebutnya.

Hal serupa juga disampaikan Kanda Panjaitan. Dikatakan dia, jalan menuju Desa Aekbolon sebelumnya sudah mendapat perkerasan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tobasa, namun, karena dua tahun lalu ada program pelebaran jalan dari Pemkab Tobasa mempergunakan alat berat jalan akses desa tersebut menjadi sering mendapat ancaman longsor.

“Memang program pelebaran itu sangat bagus, dimana, sebelumnya badan jalan hanya pas-pasan untuk satu kendaraan roda empat tetapi kini sudah bisa berpapasan dua kendaraan,” ucapnya seraya menyebutkan bila dibiarkan dapat dipastikan longsor akan semakin melebar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas PU Tobasa melalui Kabid Jalan Jembatan Ir Hendro Siregar mengakui adanya ancaman terhadap akses jalan tersebut. Dikatakan, sesuai program Dinas PU bahwa saat ini, pihaknya sedang mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan menuju Desa Aekbolon dan akan dipergunakan untuk memperbaikinya.

“Kebetulan sudah kami rencanakan ada perbaikan jalan ke sana, mengingat hal itu sudah urgen maka kegiatan tersebut akan kami alokasikan pembuatan lapen,” katanya singkat dan berjanji akan meninjau langsung lokasi kejadian. (tumbur tumanggor) (MedanBisnis)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut