Jambatan Layang Pinggir Danau Siais Tapsel Retak


0
Danau Siais Tapsel (Google Image)
Danau Siais Tapsel (Google Image)

Tapsel – Kondisi jembatan layang di pinggir Danau Siais, Raniate, Kecamatan Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), retak. Jembatan sepanjang lebih kurang 50 meter, lebar 10 meter itu merupakan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) menghubungkan Tapsel – Mandailing Natal lintas Pantai Barat.

Pantauan MedanBisnis, belum lama ini, jembatan yang merupakan akses satu-satunya menuju Mandailing Natal (Madina), kondisinya cukup memperihatinkan. Tiang penyangganya mengalami kemiringan dan retak di sana sini. Bila melihat kondisi tersebut jembatan yang baru saja selesai dibangun ini tidak akan bertahan lama.

N Nasution (42) salah satu warga Raniate yang ditemui saat melintas di jembatan ini, mengatakan, kerusakan jembatan ini sudah lama berlangsung. “Sejak dibangun, sudah miring dan beberapa tiang sudah mengalami keretakan, lantai terlihat dari bawah sudah retak juga,” katanya.

Dibangun Berbiaya Rp 24 Miliar
Dikatakan, jembatan yang dibangun pada tahun 2013 dengan dana berkisar Rp 24 miliar tersebut cukup disayangkan warga setempat. Sejumlah pengemudi mobil coltdisel dan truk takut melintasi jembatan ini. Mereka khawatir jembatan tidak sanggup menahan beban muatan kendaraan.

Menurutnya, jembatan layang di Jalinsum Pantai Barat Sumatera Utara ini atau disebut jembatan Siais A, merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Dirjen Bina Marga di Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) Wilayah I Sumut – Aceh, dikerjakan PT Jaya Mitra Kontruksi.

“Munculnya keraguan warga, karena ukuran tiang pancang yang timbul ke permukaan terlalu bervariasi. Dalam satu barisan tinggi tiangnya tidak sama atau ada yang panjang dan ada yang pendek sehingga dinilai tidak terlalu kuat menjadi tiang penyokong lantai jembatan,” katanya.

Warga meminta kepada pemerintah maupun pihak pelaksana konstruksi proyek supaya memperbaiki jembatan yang sudah rusak tersebut sebelum ada korban jiwa. “Kita akan sampaikan masalah ini ke Bupati Tapsel,” katanya.
(ck 06/MedanBisnis)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut