Jembatan Batang Ilung ‘merdekakan’ warga Luat Harangan Sipirok


0

TAPSEL – Masyarakat Luat Harangan khususnya yang berdomisili di Kampung Panaungan, Sihaborgoan, Salese dan Desa Pargarutan, Kecamatan Sipirok menyambut kehadiran Bupati Tapsel dan rombongan pada kunjungannya, kemarin malam. Warga menyongsong kedatangan orang nomot satu di Tapsel itu hingga ke Jembatan Batang Ilung. Rampungnya pembangunan Jembatan Batang Ilung merupakan jawaban dari apa yang dijanjikan pemimpin yang merakyat tersebut pada beberapa kunjungan sebelumnya. Dan bagi warga setempat, dengan dibangunnya jembatan itu, mereka baru merasakan kemerdekaan itu.

Tokoh masyarakat Pargarutan Luat Harangan Muhammad Rohim mengatakan, di bawah kepemimpinan H Syahrul M Pasaribu, perhatian kepelosok semakin tinggi. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, tepatnya tiga tahun tekahir, masyarakat Luat Harangan telah merasakan tingginya perhatian dan kepedulian pemerintah dalam berbagai hal. Mulai dari pembangunan pendidikan, kesehatan, kemasyarakatan dan keagamaan. Dan tak lupa ada juga pembangunan infrastruktur baik jalan, jembatan dan peningkatan produksi hasil pertanian dan perkebunan.

“Songon nipi doma dung dibangun jambatan on. Harupe nasolobas au mardalani, leng hu sukka ma mangaligi na. Olada narohakku, dung si Pasaribu ipe rupa bupati, hape bisa do dibaen songon. On sude haran ni holong. (Seperti mimpi rasanya Jembatan itu telah selesai. Saya sudah menyempatkan diri khusus melihatnya, walau kondisi tubuh tak memungkinkan lagi. Dan jujur saya takjub dan salut. Ternyata setelah Pasaribu jadi bupati, bisa dibuat seperti itu, ternyata tidak ada yang sulit jika pemimpin dekat dengan rakyatnya,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan unsur Pemerintahan Desa Pargarutan Marahidup. Dikatakan, sewaktu dirinya menjabat kepala desa, sudah berulang kali mereka usulkan pembangunan jembatan dan jalan di wilayah itu. Namun, tak pernah dapat direalisasikan. Akan tetapi di bawah kepemimpinan Syahrul Pasaribu, jembatan itu akhirnya rampung.

“Inilah salah satu hasil dari  seringnya bupati berkunjung menjumpai kami rakyatnya. Sehingga beliau mengetahui apa saja yang kami butuhkan,” ucapnya. Selain Jembatan Batang Ilung, sambung Marahidup, Jembatan Situmorang juga baru kali ini diperbaiki.

“Padahal selama ini juga sangat membahayakan,” katanya. Diutarakannya, beberapa ruas jalan juga sudah dicor rabat. Padahal, selama ini warga sangat sulit melihat semen. Namun, kali ini, jangkauan ke pasar relatif lebih baik dan mudah. “Waktu saya Kades tak kenal dengan jalan dicor. Tapi sekarang sudah banyak dicor rabat, terutama titik yang rawan, sehingga hubungan lalu lintas saat ini jauh lebih baik,” sebutnya.

Menurutnya, seringnya Bupati dan Ketua TP PKK Tapsel mengunjungi mereka, membuat dampak yang cukup positif. Selain mendapatkan perhatian yang begitu besar dengan program pembangunan, juga dapat menumbuhkan semangat hidup.

“Apalagi, kehadiran PKK di desa kami ada perubahan terutama di kalangan kaum ibu, mereka jauh lebih baik dan kompak, terima kasih pak bupati dan ibu PKK, semoga kalian panjang umur dan sehat, agar bisa membimbing dan memimpin kami dan seluruh rakyat Tapsel,” ungkapnya mengakhiri. (ran /Metrotabagsel.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut