Jembatan Gantung Simpang Durian Madina Butuh Perbaikan


0

PanyabunganJembatan gantung di Desa Simpang Durian, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang menghubungkan desa tersebut ke Desa Lancat, sudah 42 tahun belum pernah diperbaiki. Sebab, sejak dibangun tahun 1972 silam hingga sekarang ini belum pernah diperbaiki. “Kondisinya sekarang ini sudah rapuh, sehingga sangat mengancam bagi masyarakat yang melintasi jembatan gantung tersebut. Jembatan itu sangat membutuhkan perbaikan,” kata Kepala Desa Simpang Durian Askir kepada sejumlah wartawan, Kamis (6/3) di Panyabungan.

Askir berharap agar Pemerintah Kabupaten Madina Cq Dinas Pekerjaan Umum agar dapat memperbaiki jembatan gantung tersebut. Karena kondisinya sudah tidak layak pakai lagi untuk dilintasi. “Kita mengkhawatirkan akan menelan korban jiwa karena sitiap hari jembatan tersebut selalu dilintasi anak-anak sekolah dasar yang datang dari Desa Simpang Durian,” ujar Askir.

Kekhawatiran masyarakat akan menelan korban jiwa karena jembatan gantung tersebut tidak layak pakai lagi, dan sudah rampuh. Namun setiap kali DPRD melakukan reses persoalan jembatan gantung ini selalu disampaikan agar diperbaiki.

“Jembatan gantung ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, baik itu untuk menyeberangi sungai dan anak-anak sekolah dasar yang setiap harinya melintasi jembatan gantung tersubut,” ungkapnya.

Persoalan jembatan gantung ini sudah sering disampaikan permohonannya kepada Pemkab Madina, namun saat ini belum ada perbaikan yang dilakukan. “Jembatan gantung itu sudah mulai ambruk ditambah lagi jarak tempuh antara Desa Simpang Durian ke Desa Lancat 2,5 km.

Jembatan inilah selalu yang dilintasi anak-anak sekolah tersebut setiap harinya karena di Desa Simpang Durian ini tidak ada sekolah dasar yang dekat,” terang Askir.

Untuk diketahui jembatan gantung ini dibangun tahun 1972, dimana pada waktu itu tiangnya terbuat dari kayu. Pada tahun 1983 tiang kayu tersebut diganti dengan semen beton sementara jembatanya tak kunjung diperbaiki. (zamharir rangkuti) (MedanBisnis)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut