Jembatan Trikora Batang Toru Tapsel jadi pembuangan sampah


0

Tapsel – Masih banyak masyarakat menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Salah satunya, Jembatan Trikora Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), warga di lokasi tersebut menjadikan sungai tersebut menjadi pembuangan sampah.

Pantauan MedanBisnis, Selasa (9/8) tumpukan sampai terlihat menumpuk pada kerangka besi yang berada persis di samping bawah jembatan Trikora Batang Toru ini. Hal itu menandakan masih banyaknya warga yang membuang sampah sembarangan lewat jembatan ke sungai.

Akibatnya sungai ini tercemar sampah rumah tangga. Namun karena sungai Batang Toru ini tergolong cukup besar dan lebar, maka sampah yang dibuang warga masyarakat tidak kelihatan. Namun, sampah ini semakin lama semakin menumpuk yang pada akhirnya dapat mencemari sungai.

Camat Batangtoru Raja Nasution kepada wartawan di Batang Toru, membenarkan hal itu. Dia mengatakan, pemicunya karena tingginya volume sampah di Batang Toru.

“Satu unit truk sampah yang beroperasi di Batang Toru sudah mulai tua dan sering rusak sehingga tidak maksimal dalam mengangkut sampah masyarakat khususnya dipusat pasar, maka berdampak pada sampah yang menumpuk dikawasan itu. Sehingga tidak terkecuali sampah sebagian dibuang ke Sungai melalui jembatan,” kata Raja Nasution, Selasa (9/8).

Dikatakan, kondisi itu membuat banyak masyarakat yang berinisiatif membuang sampah rumah tangganya sendiri ke bawah jembatan Trikora yang membelah sungai Batang Toru.

“Jika melongok kebawah jembatan, kita akan banyak melihat sampah bergelantungan, kondisi itu sangat tidak elok dipandang mata,” katanya. Keberadaan truk sampah baru itu sangat penting dan mendesak dalam mewujudkan kawasan yang asri dan sehat.

“Berbagai kebutuhan masyarakat seperti Sistim Pengolah Air Minum (SPAM), tempat ibadah, unit-unit usaha masyarakat sudah mulai terpenuhi, tinggal tumpukan sampah yang kerap menjadi masalah,” katanya. Menurutnya, keberadaan truk sampah baru itu akan dapat mengatasi masalah sampah, apalagi ditambah dengan tempat-tempat pembuangan sampah khususnya di inti kota Batang Toru.

“Jika truk sampah baru itu terwujudkan, saya yakin masalah sampah di daerah ini akan cepat teratasi dan lingkungan asri serta masyarakat sehat bisa terwujud,” katanya. (ikhwan nasution /medanbisnisdaily.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut