Jokowi Umumkan Nama 34 Kementerian Pekan Depan


0
Joko Widodo dan Jusuf Kalla memberikan keterangan pers mengenai kebinet pemerintahannya.
Joko Widodo dan Jusuf Kalla memberikan keterangan pers mengenai kebinet pemerintahannya.

Presiden terpilih, Joko Widodo, menuturkan, hingga saat ini pihaknya masih menggodok 34 nama kementerian pada kabinet Jokowi – JK. Pengumuman ini termasuk nama kabinet yang masih belum pasti.

Disampaikan Jokowi, sapaan Joko Widodo, pengumuman nama-nama menteri itu ditargetkan pada pekan depan di rumah transisi Jokowi – JK. Tetapi mantan Walikota Solo itu belum menyebutkan tanggal berapa tepatnya.

“Belum, masih kita godok. Kami masih menerima usulan-usulan. Pokoknya, minggu depan saya umumkan,” ucap Jokowi di Balai Kota Jakarta, Senin, 22 September 2014.

Menurut Jokowi, termasuk dengan kriteria calon menteri pun pada saat ini belum diusulkan oleh tim head hunter untuk mencari tokoh yang cocok membantu Jokowi – JK dalam kabinetnya.

Kata dia, untuk mencari calon menteri itu memerlukan perhitungan yang matang. Menurutnya ini adalah urusan membangun bangsa sehingga tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa. Jokowi ingin kabinet yang kuat dan berkualitas.

“Belum, ini masih dalam proses. Mungkin kalau kriteria menteri minggu ini masuk ke saya,” ucap dia.

Seperti diketahui, Jokowi sudah memutuskan bahwa dalam kabinetnya akan diisi oleh 34 kementerian. Hal itu disampaikan Jokowi pada tanggal 19 September 2014. Tetapi, Jokowi sendiri belum menyampaikan nama-nama dari 34 kementrian itu. Termasuk nama-nama menteri yang akan masuk di dalamnya.

Kabar beredar, kementerian yang dibentuk Jokowi akan diberi nama Kabinet Trisakti.

Komentar Jusuf Kalla

Kabinet pemerintahan Jokowi-JK berjumlah 34 orang diketahui menuai banyak pro dan kontra dari beberapa kalangan jelang pelantikan periode 2014-2019.

Banyak menilai bahwa struktur kepemimpinan kabinet Jokowi-JK, nantinya akan sama persis dengan struktur kabinet SBY-JK periode 2004-2009. Saat dimintai tanggapan, Wakil Presiden terpilih, Jusuf Kalla memilih bungkam, saat ditemui di RS Awal Bros Makassar hari ini.

“Nanti ya, nanti saja,” jawab JK berulang kali, setiap dicecar pertanyaan terkait kabinet Jokowi-JK, saat hendak meninggalkan rumah sakit usai menjenguk, di Jalan Urip Sumiharjo Makassar.

Begitu pula saat ditanya soal peluang Koalisi Merah Putih untuk bergabung di kubu Jokowi-JK, Ketua PMI ini memilih melambaikan tangan dan tersenyum saat meninggalkan rumah sakit bersama rombongannya. (Hudzaifah Kadir/Makassar/ms) (VivaNews)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut