Kabar gembira untuk ‘paragat’ Sipirok, harga gula aren semakin menjanjikan


0

Sipirok – Kabar gembira bagi masyarakat pengrajin gula aren. Pasalnya, sejak sebulan terakhir harga gula aren naik dari Rp13 ribu menjadi Rp15 ribu hingga Rp16 ribu per kilogram.

Angka itu berlaku di tingkat masyarakat pengrajin gula aren. Harga itu diyakini akan terus meningkat, terutama menjelang bulan puasa seiring meningkatnya permintaan pasar.

Harga gula aren saat ini antara Rp15 ribu hingga Rp16 ribu. Kenaikan ini sudah ada sebulan. Dulu, harga gula aren Rp13 ribu per kilo,” sebut Efendi Pane (53) salah seorang pengrajin gula aren kepada Metro Tabagsel, Rabu (26/4) saat ditemui di Sipirok.

Bahkan sambung Pane, harga Rp13 ribu telah bertahan selama enam bulan terakhir, setelah mengalami kenaikan dari harga Rp10 ribu per kg.

Pengrajin sekaligus penyadap air nira (paragat) ini menyampaikan, sesuai pengalamannya selama ini, menjelang bulan puasa, harga gula diyakini akan terus naik, karena kebutuhan pasar semakin meningkat.

“Biasanya, akan turun pada saat dua minggu menjelang lebaran,” sebut Pane yang mengaku sudah sekitar 30 tahun menggeluti usaha membuat gula aren.

“Hasil gula sangat membantu perekonomian keluarga saya selama ini, termasuk untuk biaya sekolah empat orang anak saya,” sebutnya sambil mengutarakan setiap minggu menghasilkan 30 sampai 50 kilogram gula aren dengan jumlah pokok aren sadapan sekitar 4 hingga 7 pohon aren.

“Niranya disadap dan dimasak pagi dan petang, dan dimasak hingga jadi gula, setiap hari Minggu atau Rabu tergantung kondisi,” terangnya mengakhiri.

Hal senada juga disampaikan Hamdan (40). Dimana, hasil gula aren sangat membantu dan menjadi andalan sebagian besar warga diwilayah itu.

“Sambil menyadap air nira, masih bisa melakukan aktivitas pertanian lainnya,” ungkapnya.

Harapan para pengrajin gula aren sekaligus paragat di Sipirok, umumnya menginginkan adanya perhatian serius dari pemerintah terhadap keberadaan pohon aren yang semakin hari semakin berkurang. [metrotabagsel.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut