Kabut Asap Kembali Selimuti Paluta


0

Paluta – Dua hari terakhir, kabut asap kembali menyelimuti daerah Padang Lawas Utara (Paluta) setelah hampir dua minggu menghilang.

Pantauan wartawan, Rabu (26/3) meskipun tidak terlalu tebal, sejak dua hari sebelumnya kabut asap kembali menyelimuti daerah Paluta dan dikhawatirkan dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit seperti gangguan pernafasan dan berbagai jenis penyakit lainnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Junaidah Harahap Mkes melalui Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Ardi Syahbana SKM didampingi Kasi P2P dr Mahyuda mengatakan kabut asap kembali menyelimuti Paluta, padahal kabut sudah sempat menghilang dua minggu yang lalu.

“Iya benar, kabut asap sudah kembali menyelimuti daerah kita, untuk itu disarankan agar menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas diluar rumah apabila tidak terlalu penting,” ungkapnya, Rabu (26/3).

Dikatakan, Dinkes Paluta menyarankan agar lebih menjaga stamina dan daya tahan tubuh serta mengurangi aktivitas di luar rumah untuk menghindari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kabut asap.

Ia juga menambahkan, kepada lapisan masyarakat agar berperan aktif dalam memerangi kabut asap dengan tidak membakar hutan sembarangan dan khusus bagi perokok aktif agar tidak merokok di tempat umum atau tempat terbuka demi menjaga kesehatan dan menghindari penyakit ISPA.

“Bagi perokok aktif, janganlah merokok ditempat terbuka, meskipun tidak terlalu efektif itu kan bisa juga mengurangi volume kabut asap,” imbuhnya.

Disinggung langkah maupun solusi apa yang bisa dilakukan pihak Dinkes dalam mengendalikan penyakit yang disebabkan kabut asap, dengan tegas dr Mahyuda Siregar mengatakan untuk pembagian masker gratis kepada masyarakat dalam upaya pengendalian penyakit akibat kabut asap sudah sudah masuk dalam rencana kerja Dinkes Paluta kedepannya. (ong) (AnalisaDaily.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut