Kabut Asap Tebal Selimuti Palas


0
Kondisi kabut asap yang semakin tebal di sekitar Pasar Sibuhuan, Kabupaten Palas, Jumat (19/9). (Parningotan)
Kondisi kabut asap yang semakin tebal di sekitar Pasar Sibuhuan, Kabupaten Palas, Jumat (19/9). (Parningotan)

PALAS – Sejak tiga hari belakangan, Kabupaten Palas diselimuti kabut asap tebal yang mengganggu aktivitas masyarakat. Terlebih pengendara kendaraan yang dikhawatirkan mengalami kecelakaan.

Adi Hasibuan, salah satu warga Sibuhuan kepada METRO, Jumat (19/9) mengatakan kabut tebal bercampur asap ini juga menimbulkan keluhan masyarakat yang berdampak menimbulkan perih atau gangguan pernafasan khususnya bagi anak-anak yang rentan terserang penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas).

Hal lain berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat golongan lanjut usia yakni rentan terserang penyakit batuk dan sesak nafas. Pasalnya, kabut bercampur asap ini terus bertambah tebal dan terlihat gelap. Faktor kabut kiriman ini sampai saat ini terus berlanjut dan belum menunjukan adanya perubahaan kondisi cuaca.

“Untuk itu kiranya pemerintah melalui Dinas Kesehatan Palas dapat mengantisipasi kemungkinan timbulnya dampak yang lebih buruk seperti penyebaran penyakit ISPA pada masyarakat,” sebut Adi.

Kadis Kesehatan Palas Leli Ramayulis ketika dihubungi terkait tindakan dan sikap Dinkes Palas dalam mengantisipasi penyebaran penyakit infeksi pernafasan menyebutkan, pihaknya telah mempersiapkan masker jika sewaktu kondisi cuaca memaksa untuk memakai masker, ketika keluar rumah bagi masyarakat. Selain itu pihaknya juga telah menyurati tiap puskesmas untuk tetap stand by mengantisipasi dampak asap pada masyarakat. (Metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut