Kabut Tebal Landa Kawasan Danau Toba


0

Samosir – Kebakaran hutan yang terus melanda Provinsi Riau hingga sepekan terakhir mengakibatkan kawasan Danau Toba diselimuti kabut tebal.  Pantuan Analisa, Senin (3/3), di Kota Pangururan, jarak pandang sendiri hanya 100 meter dan parahnya kabut sendiri sangat perih di mata.

Bukannya hanya menggangu indera mata, namun kabut juga menggangu arus lalu lintas kapal penyeberangan. Kapal-kapal penumpang harus mengurangi kecepatannya karena tebalnya kabut di Danau Toba.

Kendaraan roda dua dan empat sendiri pun terpaksa mengurangi kecepatannya serta berusaha menerobos kabut dengan menggunakan lampu pada siang hari.

Salah satu warga, H Sinaga saat ditemui Analisa, menyampaikan, kabut sendiri jelas sangat menggangu aktivitasnya sebagai pengemudi kapal penumpang. Dia berharap, kabut segera berlalu dan aktivitasnya sebagai pengemudi bisa berjalan lancar. “Kabut ini sudah berlangsung selama sepekan, saya terpaksa mengurangi kecepatan kapal jika sedang berjalan di danau,” katanya.

Sementara itu, kabut juga menganggu pernafasan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang juga mulai menyerang anak-anak dan orangtua.

“Cuaca ekstrim mengakibatkan banyak penyakit, terutama anak-anak dan orang tua karena kondisi tubuh yang immunitasnya lebih rendah dan kurang stabil mengalami ganguan pernapasan,” ujar Direktur RS Hadrianus Pangururan Dr N Karo-karo.

Dirinya juga menyamapikan, diperkirakan 75 persen warga di Kabupaten Samosir menderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan dan kabut tebal.

“Benar, angka penderita Ispa baik penderita ringan dan berat terus bertambah akibat cuaca. Untuk penderita Ispa berat, RS Hadrianus Pangururan sendiri sudah melakukan perawatan intensif, namun bagi warga penderita Ispa ringan, warga sepertinya masih memilih Puskesmas dan Polindes untuk berobat,” katanya mengakhiri. (fra) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut