Kasus dugaan korupsi renovasi terminal Batunadua dilimpahkan ke Kejaksaan


0

Padangsidimpuan – Tiga tersangka kasus dugaan korupsi proyek renovasi Terminal Batunadua, ABL, R dan L sudah dilimpahkan dari pihak Polres Kota Padangsidimpuan ke Kejari Padangsidimpuan, Rabu (7/6) lalu.

Namun belum diketahui apakah ketiganya dilakukan penahanan, sebab ada pertimbangan, jika kerugian negara dikembalikan bakal ada penangguhan.

Pihak Kejari Padangsidimpuan yang kembali dikonfirmasi melalui Kasipidsus Ali Akbar Dasopang belum memberikan keterangan pasti paska diserahkannya ketiga tersangka yaitu, ABL, mantan Kadishub Pemko Padangsidimpuan, R pihak konsultan dan L pihak kontraktor pada Rabu (7/6) kemarin oleh pihak Polres Padangsidimpuan.

Sebelumnya, Kasipidsus memberikan keterangan, pihaknya akan memberikan pertimbangan soal penahanan ketiga tersangka apabila mengembalikan kerugian negara sebesar Rp164 juta.

Namun hal itu juga tidak mutlak, sebab harus ada persetujuan dari Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari).

“Jika ada pengembalian kerugian negara sesuai hasil audit BPKP sebesar Rp164 juta mungkin ada pertimbangan dari kami (tidak menahan,red), itupun harus kami sampaikan juga ke atasan (Kejari),” ungkap Ali Akbar, Rabu (7/6) kemarin.

Saat ditanya mengapa pengembalian uang negara baru saat P21 dilakukan dan tidak ketika masih ditangani pihak Satreskrim Polres Kota Padangsidimpuan, Ali mengaku tidak mengetahuinya.

“Kita juga tidak tahu, tapi kerugian negara itu wajib untuk diganti dan perkara juga tetap lanjut,” jelasnya.

Menurut Ali, dengan adanya pengembalian kerugian negara, tidak menutup perkara namun terus berjalan.

Begitu juga dengan kerugian negara yang dikembalikan, secara administrasi akan dilakukan tanda serah terima dan dibuat BAP-nya.

“Nanti kita buat BAPnya, soal bersalah atau tidak itu nanti di pengadilan. Kalau nanti hakim memutus bersalah, uang akan kita sita. Namun kalau tidak uang kita kembalikan.” Pungkasnya dan mengaku dari nilai proyek renovasi terminal batunadua sebesar Rp956 juta, ada kerugian negara sebesar Rp164 juta. [metrotabagsel.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut