Kawasan Sumut rawan longsor


0

sumut rawan longsorMEDAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga Sumut khususnya mereka yang berada di dataran tinggi  untuk mewasadai ancaman longsor.

Dalam rilisnya, BMKG Balai Besar Wilayah I Sumbagut menyebutkan, anncaman banjir disertai longsor karena meningkatnya intensitas hujan.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Balai Besar Wilayah I Sumbagut, Hendra Suwarta menyebutkan, sejak beberapa bulan lalu BMKG sudah mengingatkan masyarakat tetap waspada terhadap banjir terutama di wilayah timur dan barat.

Curah hujan di Sumut yang tinggi pada Desember ini akan mengancam terjadinya longsor khususnya di kawasanb pegunungan seperti Berastagi, Dairi, Madina dan Tapanuli.

Ia mengatakan, secara umum curah hujan di bulan Desember sudah mulai turun dari bulan lalu (November). Walaupun hujan masih turun bulan ini, kata Hendra jumlah/volumenya sedikit berkurang dari bulan lalu.

Sabtu malam (30/11) , longsor melanda kawasan perbukitan di Berastagi tepatnya Desa Gundaling I dan Desa Laununggap, Kecamatan Berastagi Kab. Karo, Sumatera Utara. Sembilan (9) orang dinyatakan meninggal.

Menurut BNPB, longsor tersebut terjadi setelah hujan deras melanda kawasan perbukitan Berastagi sepanjang Sabtu pagi hingga Sabtu malam.

Sembilan  korban meninggal tersebut adalah  di Desa Gundaling 1 adalah  Leni Wulandari (22), Ikmal Syahputra  (2,5). Kedua korban adalah ibu dan anaknya yang meninggal akibat rumahnya tertimbun longsor.

Di Desa Gundaling II korban meninggal adalah  Maruli Sijabat (65), Siti Boru Nababan (60), Marolop (20), Litna boru Silaban (25), Bela Kasih Boru Manik (4) dan Junaidi Donggol Manik (2).

Di Desa Simpang Ujungaji korban adalah Rosalina Beru Siboru (10) warga dari Desa Laununggap.

Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk selalu waspada menghadapi longsor yang di musim penghujan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengingatkan, masyarakat yang bermukim di daerah-daerah rawan longsor seperti di perbukitan, di lereng-lereng pegunungan, di tebing sungai dan lainnya untuk selalu waspada.

Umumnya longsor terjadi saat hujan deras atau akibat guncangan gempa. Puncak hujan sebagian besar wilayah Indonesia adalah Januari 2014 (waspada)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut