Kebiasaan ini Bisa Berisiko Kematian


0

Terkadang kebiasaan yang dianggap sepele bisa berisiko kematian. Dikutip Chacha, Selasa (10/12/2013) ada kebiasaan yang tujuannya untuk kebersihan tetapi menurut Dokter Bedah Jantung, Mehmet Cengiz Oz bisa berisiko kematian.

“Ada kebiasaan yang terkadang luput dari perhatian, awalnya memang untuk kebersihan tetapi bisa berisiko kematian bila kebiasaan tersebut berhubungan dengan pembuluh darah seperti membersihkan telinga atau mencabut bulu hidung,” kata dr. Oz.

Hal tersebut berbahaya karena pembuluh darah yang ada di bagian belakang kepala terhubung ke pembuluh darah di dasar otak, yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

“Setiap kerusakan yang memecah kulit mengekspos tubuh terhadap bakteri dan infeksi dapat menyebabkan sakit kepala, kebutaan, kelumpuhan bahkan kematian,” katanya.

Kebiasaan tersebut yaitu:

mati1 1. Mandi dengan Shower

Tubuh memiliki fungsi mempertahankan suhu tertentu, bila tidak dapat berfungsi dengan baik maka bisa berisiko. “Kalau tiba-tiba mandi dengan shower yang keluar suhunya tidak cocok dengan tubuh, maka pembuluh darah bisa bereaksi. Sebaiknya dihindari,” katanya.

2. Shampo yang Salah

Menurut dr. Oz jangan memilih shampo yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Kebanyakan para perusahaan menggunakan senyawa ini untuk menimbulkan busa shampo yang banyak.

“Hal tersebut bisa fatal karena dapat menyebabkan kelainan hati dan kerusakan ginjal yang dapat berakibat fatal. Seperti kebanyakan bahan kimia yang berpotensi berbahaya lainnya,” ujar dr. Oz.

mati43. Membersihkan Telinga

“Tidak harus membersihkan telinga dengan katembat. Mungkin hal ini sering didengar tetapi masih juga dilakukan. Dikhawatirkan mengenai gendang telinga. Karena bila robek memudahkan bakteri untuk masuk ke dalamnya dan menyebabkan infeksi juga,” katanya.

4. Mencabut Bulu Hidung

Bulu hidung yang dicabut dikhawatirkan dapat merobek kulit dalam hidung. “Bulu hidung itu kan untuk menyaring kotoran bila dicabut dan seandainya kulitnya robek bakteri mudah sekali hinggap bisa menimbulkan kematian,” katanya.

dr. OZ juga mengingatkan hindari penggunaan alat cukur hidung elektronik karena lebih berisiko.

mati35. Membersihkan Gigi dengan Tusuk Gigi

Tusuk gigi yang biasa digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan ini bisa memicu iritasi kerongkongan. “Saat membersihkan gigi dan itu menusuk gusi selain membuat infeksi gusi juga bisa menyebar ke kerongkongan. Kalau sampai tertelan dapat merobek saluran pencernaan,” katanya.

 

mati26. Kebanyakan Minum

“Air memang baik untuk tubuh namun bila berlebih justru dapat memicu penyakit bisa overdosis. Ginjal tidak dapat menampung air terlalu banyak, saat minum berlebihan maka ginjal tidak dapat berproses,” ujarnya.

Menurut Scientific American kondisi overdoisi ubu dapat menyebabkan kejang, koma, gangguan pada saluran pernapasan, merusak batang otak bahkan berisiko kematian.

“Ginjal itu sanggup menampung air hingga 15 liter kalau lebih dari itu proses akan berhenti. Air tersebut bisa mengalir ke sel-sel mencapai otak sehingga timbul pembengkakan,” paparnya.

(Mia/Abd) (Abd)

 


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut