Kenyamanan beribadah masyarakat Sipirok terganggu karena petasan


0

TAPSEL – Sejumlah masyarakat di Pasar Sipirok, Kabupaten Tapsel mengeluhkan maraknya suara petasan yang sangat mengganggu kenyamanan beribadah.

Pasalnya, kegaduhan suara petasan tersebut saat warga melaksanakan ibadah dan istirahat malam. Seperti di Pasar Sipirok, suara petasan silih berganti pada Kamis (30/6) malam lalu. Padahal, di Masjid Agung Al-Munawwir Kabupaten Tapsel, sedang berlangsung ibadah salat taraweh dan dilanjutkan dengan tadarusan.

Suara petasan dengan pernak-pernik cahaya diudara, menggelegar di atas udara Pasar Sipirok. Dan seolah saling bersahut-sahutann dengan suara bacaan Alquran dari pengeras suara yang berasal dari masjid.

“Memang nggak ada o**k yang bermecon itu, masa orang lagi ngaji, mereka seenaknya main mercon,” sebut Ucok Murdok (44) salah seorang warga.

Menurutnya, Bulan puasa bukanlah bulan yang harus diisi dengan gemerlap dunia. Tetapi, harus diperbanyak dengan melaksanakan amal ibadah.

“Anehnya, petasan dan mercon, katanya tidak dibenarkan, tetapi pemerintah dan penegak hukum tetap membiarkannya dijual bebas,” ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Mahmuddin (42). Menurutnya, pemerintah dan penegak hukum terkesan tutup mata dan melakukan pembiaran atas penjulan petasan dan mercon di tengah masyarakat, khususnya kalangan generasi muda.

“Bulan Ramadan harusnya menjadi ladang amal ibadah, bukan melakukan hal hal yang dilarang dan bahkan membahayakan,” terangnya.

Amatan Metro Tabagsel, akibat petasan tersebut, suasana mengaji dari dalam masjid terganggu. Lantas melalui pengeras suara, terdengar imbauan agar seluruh masyarakat menjaga ketertiban dan tidak meledakkan petasan terutama di sekitar masjid, karena orang yang menjalankan ibadah terganggu. Sontak, suara petasanpun terhenti. Dan tadarusan kembali berjalan seperti biasa.

“Syukurlah, ternyata umat Islam yang beribadah di dalam masjid juga keberatan dengan aktivitas petasan dan mercon ria ditengah pasar itu,” punkas keduanya, yang kebetulan bercengkarama bersama awak media ini. (Metrotabagsel.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut