Kerusakan jalan MT Haryono Sidimpuan semakin parah


0

Padangsidimpuan – Kerusakan Jalan MT Haryono, Kampung Marancar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan semakin parah. Walaupun kondisi kerusakan ini sudah lama terjadi namun hingga kini belum ada tindakan dari pemerintah setempat.

Pantauan MedanBisnis, Selasa (11/4), kerusakan Jalan MT Haryono hampir terjadi di seluruh badan jalan. Jalan aspal yang telah berubah menjadi jalan tanah berlumpur dan banyak lubang-lubang besar yang berdiameter lebih dari satu meter dengan kedalaman lebih dari 50 centi meter (cm).

Ironisnya, lubang-lubang di jalan ini tak ubahnya kolam karena digenangi air ketika hujan turun. Akibatnya banyak kendaraan khususnya truk yang nyangkut di kedalaman lubang-lubang itu.

Kondisi ini telah berlangsung lama dan telah sering menjadi sorotan media. Tapi pemerintah setempat sepertinya tutup mata tanpa melakukan penimbunan atau mengalihkan truk tidak lagi melintasi jalan ini.

“Kondisinya sudah bagaikan kolam saja, tinggal ikan saja yang belum dilepas. Kami warga setempat sangat kecewa belum adanya tindakan dari pemerintah,” kata Hamdan Harahap warga setempat, Selasa (11/4).

Masyarakat menyesalkan lambatnya tindakan dari pemerintah sementara kondisi Jalan MT Haryono sudah sangat buruk dan sudah sering kendaraan roda empat terperosok ke dalam lubang-lubang besar tersebut. “Udah sering truk menjadi korban terperosok pada lubang-lubang besar yang menganga dan digenangi air,” kata Hamdan.

Warga masyarakat sekitar mengakui sangat terganggu dengan kondisi jalan rusak tersebut dan berharap pemerintah secepatnya melakukan tindakan. “Pemerintah harusnya menimbun lubang-lubang agar kondisi jalan tidak seperah inj,” harap warga.

Kerusakan jalan terparah di Jalan MT Haryono ini berada persis di depan rumah keluarga besar Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul Pasaribu.

Sebelumnya, warga sempat melakukan pemortalan agar mobil-mobil truk tidak lintas di jalan tersebut. Namun, langkah itu sia-sia mobil truk masih saja melintasi jalan tersebut. Padahal tidak sepatutnya truk yang melintas masuk kota dan melewati jalanan yang bukan jalan lintasannya.

Menanggapi hal tersebut, aktifis mahasiswa Padangsidimpuan Ibrahimsyah Nasution di Padangsidimpuan, mengatakan, bahwa persoalan ini sudah berlangsung lama dan sangat disayangkan pemerintah yang tidak sigap dalam mengatasi kerusakan jalan tersebut.

“Bukankah pemerintah memiliki anggaran perawatan atau pemeliharaan. Kenapa ini seolah ada pembiaran,” katanya kecewa.

Diapun heran dengan kondisi Jalan M T Haryono yang tidak pernah bertahan lama setelah diperbaiki. Dia mempertanyakan apakah kualitas yang kurang baik atau bebasnya ke luar masuk truk dari jalan tersebut membuat badan jalan rusak berat.

“Kita kecewa ruas jalan itu yang tidak pernah bertahan lama setelah diperbaiki. Apakah karena kontraktornya tidak berkualitas atau struktur tanahnya yang labil sehingga tidak mau padat dan bertahan lama setiap diperbaiki atau karena bebasnya truk melintasi jalan ini,” kata Ketua Pimpinan Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Padangsidimpuan-Tapsel masa bhakti 2009 – 2010 itu. [medanbisnisdaily.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut