Kesbangpol Padangsidimpuan Ajak Ormas dan LSM Satukan Persepsi


1
1 point
Kesbangpol-Padangsidimpuan-Ajak-Ormas-dan-LSM-Satukan-Persepsi
Kesbangpol Kota Padangsidimpuan Alfian Pane, S.Sos saat menyampikan paparan kepada puluhan Ormas dan LSM pada acara pertemuan di aula Hotel Pia Jalan SM Raja Padangsidimpuan, Sabtu (15/12). (Foto: Riswandy)

Padangsidimpuan – Guna untuk membangun sinergi antara Pemerintah Kota (Pemko) dan masyarakat, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kankesbangpol) Kota Padangsidimpuan menggelar pertemuan dengan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se Kota Padangsidimpuan di aula Hotel Pia Jalan SM Raja Padangsidimpuan, Sabtu (15/12).

“Agenda seperti ini perlu kita dukung untuk mewujudkan kesamaan persepsi melalui tukar menukar pikiran demi tujuan yang sama,“ ujar Kepala Kantor (Kakan) Kesbangpol Kota Padangsidimpuan Alfian Pane, S.Sos di sela-sela pertemuan tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini penting karena akan terjadi tukar menukar pikiran untuk tujuan baik. Selain menyamakan persepsi, juga untuk mengambil kesimpulan dari sebuah permasalahan secara konstruktif.

“Jika persepsinya berbeda-beda, pasti cara menyelesaikan persoalan juga tidak sama, padahal tujuan sama. Oleh karena itu, kita perlu duduk bersama, perlu untuk koordinasi dan konsultasi,“ terang Alfian.

Pada pertemuan tersebut, pihaknya juga melakukan klasifikasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Klasifikasi itu akan dilaksanakan menyusul pendataan LSM di Kota Padangsidimpuan terkait kegiatan, struktur dan kepemilikan ijin operasional.

“Langkah itu untuk mengetahui produktifitas dan kwalitas Ormas dan LSM. Semua Ormas dan LSM akan kita data untuk data base, baik yang sudah terdaftar di Surat Keterangan Terdaftar (SKT) maupun yang tidak,“ terangnya.

LSM Salah Satu Wadah Warga

Alfian juga menampik jika langkah itu disebut sebagai pembatasan jumlah LSM di Kota Padangsidimpuan, karena undang-undangnya sudah mengatur tidak ada pembatasan, asalkan setiap Ormas, LSM maupun Yayasan, menjalankan prosedur administrasi yang benar.

“Kalau LSM harus memiliki SKT yang dikeluarkan Kemendagri da Yayasan SKT nya dikeluarkan oleh Kemenkumham dan saat ini ada 94 LSM, Lembaga, Yayasan dan Ormas yang menjalankan aktivitas dan memiliki SKT di Kota Padangsidimpuan,“ katanya.

Ia juga memahami, bahwa Ormas dan LSM adalah salah satu wadah warga, rakyat, masyarakat untuk berekspresi, mengapresiasikan pikiran ditengah masyarakat, bangsa dan Negara dan dengan wadah ini Ormas dan LSM dapat secara bersama menyampaikan segala bentuk aspirasi, mohon dalam koridor demokrasi yang dianut sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya tanpa harus menghilangkan jatidiri dan identitas kita sebagai bangsa yang santun dan beradab.

Pembangunan tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila tidak didukung oleh komponen masyarakat seperti Ormas/LSM dan komponen masyarakat lainnya. Partisipasi positif dari Ormas dan LSM merupakan suatu kebutuhan, karena merupakan partner pemerintah dalam menjalankan program pembangunan. Oleh karena itu peran Ormas dan LSM harus lebih ditingkatkan, baik itu dari sisi SDM maupun aspek-aspek lain yang akan memperkuat Ormas/LSM di tengah-tengah masyarakat,“ tuturnya. (Harian9)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
1
Suka
Takut Takut
0
Takut