KNPI Tapsel Bagikan 25.500 Bibit Tanaman


1
1 point
KNPI Tapsel Bagikan 25.500 Bibit Tanaman
Pembagian bibit tanaman berupa pohon dan buah buahan dari KNPI Kabupaten Tapsel. (Amran Pohan/Metro Tabagsel)

Tapanuli Selatan – Dalam rangka pelestarian lingkungan hidup, peningkatan kesejahteraan masyarakat Tapsel dan menyerap karbondioksida (CO2). DPD KNPI Tapsel mengajak warga untuk melakukan penanam pohon buah jenis kayu hutan maupun pohon buah.

Hal ini dibuktikan dengan pembagian 25.500 bibit yang telah disiapkan untuk dibagikan kepada masyarakat di Tapsel.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Tapsel Hajrul Aswat Siregar menjelaskan, adapun jenis bibit yang dibagikan kepada warga Tapsel ini antara lain, pohon Ingul, durian, mangga, rambutan, jambu, petai, jengkol, nangka, kopi dan duku.

“Semua bibit tersebut berasal dari lokasi pembibitan DPD KNPI Tapsel di Desa Marsada, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel,” terangnya.

Dikatakan, selain untuk mendukung visi misi Bupati Tapsel ‘Menuju Masyarakat Tapsel Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera’, pembagian bibit pohon kayu hutan maupun buah itu, tak lepas dari dukukungan dan partisipasi pemuda Tapsel, dalam meningkatkan taraf hidup warga yang mayoritas petani, dan memiliki lahan untuk berkebun.

Selain itu sambung Hajrul, dengan menanam pohon dan buah tentunya dapat meningkatkan penghasilan warga kedepan. Dan barang tentu pohon-pohon yang ditanam juga dapat menjaga kestabilan lingkungan seperti udara.

“Kita mengajak warga untuk memanfaatkan lahan mereka menanam pohon yang dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka dari hasil tanaman bibit yang kita bagikan. Bagi warga yang mau, silahkan datang ke tempat kita untuk mengabil bibit yang akan mereka tanam dan semuanya gratis,” sebutnya.

Saat ini terangnya, sebanyak 2.000 bibit telah tersalurkan kepada warga di tiga kecamatan di Tapsel, yakni Kecamatan Sipirok sebanyak 20 warga, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) 5 warga dan Angkola Selatan 30 warga. Sedangkan sisa bibit yang ada rencananya akan dibagikan kepada warga yang mau dan ditanam dilahan-lahan kritis.

Henri Siregar (40), salah satu warga dari Kecamatan Saipar Dolok Hole yang menerima bibit tersebut mengatakan, atas program DPD KNPI Tapsel terkait pembagian bibit ini merasa termotivasi untuk memanfaatkan lahannya yang masih kosong.

“Saya berterimakasih atas bantuan bibit yang saya terima ini. Saya merasa termotivasi untuk menanami lahan saya yang masih kosong dan semoga seluruh bibit yang saya terima berhasil sehingga ekonomi keluarga saya dapat terbantu,” ucapnya. (Metro Tabagsel)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
1
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut

0 Comments