Koperasi Soko Guru Ekonomi Indonesia


0

RANTAU – Bupati Labuhanbatu dr Tigor Panusunan Siregar saat menghadiri peringatan hari koperasi Indonesia ke-67 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu yang berlangsung di Gedung Nasional Rantauprapat, Senin (25/8), meminta Dewan Koperasi Daerah mencontoh koperasi yang telah maju seperti di Jawa dan Bali, dan melakukan study banding ilmu pengelolaan unit koperasi yang baik untuk diterapkan di Labuhanbatu. Menurut Tigor, koperasi yang terbesar di dunia adalah koperasi petani di Jepang yang dilindungi oleh negaranya.

Sedangkan Indonesia menganut demokrasi liberal setelah reformasi tahun 1998. Maka sistem ekonomi kita menganut ke arah ekonomi liberal dengan menggunakan modal yang besar dengan sumber daya yang kecil.

Dijelaskan Tigor lebih lanjut, perjalanan koperasi harus dimulai dari langkah yang kecil. Sehingga diyakini 10 tahun ke depan, koperasi akan benar-benar menjadi soko guru ekonomi khususnya di Kabupaten Labuhanbatu.

“Jangan berkecil hati, perjalanan ini akan panjang. Sebagai Bupati, saya akan terus mensupport semua unit koperasi di Labuhanbatu,” kata Tigor.

Sementara Sabaruddin Marpaung SE, Ketua Dekopinda Labuhanbatu mengatakan, dalam setiap kegiatan koperasi di Sumatera Utara pihaknya selalu membanggakan diri karena terbesar menerima bantuan dana dari APBD ditambah dukungan Pemkab Labuhanbatu terhadap koperasi yang cukup baik. Namun, koperasi khususnya belum bisa memperlihatkan perkembangannya.

Sabaruddin menjelaskan, Dekopinda Labuhanbatu dalam meningkatkan sumber daya manusia telah melakukan pelatihan akutansi ilmu teknologi dan tahun ini akan melakukan pelatihan managemen serta menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk pendamping dan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga melalui jaringan usaha koperasi, sehingga diharapkan nantinya tumbuh koperasi dengan manajemen andal.

Sementara, Drs Tarmizi Lubis Wakil Ketua Dekopin Wilayah Sumut dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik Pemkab Labuhanbatu yang sangat peduli dengan peningkatan keberadaan koperasi di Labuhanbatu, demikian juga para pelaku dan penggerak ekonomi koperasi.

“Harapan kiranya Dekopinda Labuhanbatu ke depan dapat berbuat yang terbaik lagi sehingga perkoperasian di daerah ini dapat lebih maju dan Dekopin Wilayah Sumut siap mendukung kegiatan Dekopinda Labuhanbatu,” katanya.

Tarmizi juga mengingatkan, pengurus koperasi harus yang betul-betul menjiwai koperasi dan jujur, agar koperasi betul-betul dapat berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota.

Sementara itu Tapa Simbolon SPd, Ketua Panitia Hari Koperasi Indonesia ke-67 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan peringatan tersebut, untuk membangun semangat perkoperasian, menciptakan koperasi yang mandiri, menunjukkan keberadaan dan kebangkitan koperasi di Labuhanbatu serta menjalin silaturrahmi antar koperasi.

Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan dalam menyambut dan memeriahkan Hari Koperasi Indonesia ke-67 tahun 2014, yakni kegiatan cerdas cermat tingkat Kabupaten Labuhanbatu dan tingkat zona yang berlangsung di Kabupaten Labura tingkat SMA/MA/SMK, dimana pesertanya berasal dari Kotamadya Tebing Tinggi, Kabupaten Asahan, Deli Serdang, Labura, Labuhanbatu, Labusel dan Kotamadya Tanjung Balai. Selain itu dilaksanakan juga pertandingan tennis meja, catur dan lomba trup gembira serta dam batu. (riz/esa)

(Metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut