Korsel Investasikan US$50 Juta di Batam


0

Batam: Badan Pengusahaan Batam mencatat nilai investasi dari Korea Selatan yang masuk kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas mencapai US$50 juta  dalam periode 10 tahun terakhir. “Itu berdasarkan data aplikasi awal. Setelah berjalan pasti mereka ada penambahan investasi,” kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Selasa (15/4/2014).

Ia mengatakan investasi tersebut ditanamkan oleh 23 perusahaan baik yang baru maupun yang sudah masuk sejak beberapa tahun terakhir. “Mereka bergerak pada berbagai sektor industri seperti elektronik, perkapalan, dan perusahaan lain yang tersebar pada beberapa kawasan di Batam,” kata dia.

Korea Selatan, kata dia, juga sempat menyampaikan keinginannya berinvestasi dengan membangun jembatan Batam-Bintan (Babin) yang menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Bintan, tapi hingga kini tidak ada tindak lanjutnya. “BP Batam saat ini sedang menjajaki dan melakukan pembicaraan dengan para pengusaha Korea Selatan. Mudah-mudahan mereka merasa nyaman dan meningkatkan investasinya di Batam,” kata Djoko.

Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan mengatakan kawasan Asia Timur masih menjadi wilayah tujuan promosi agar meningkatkan investasi di Batam. “Selain Jepang, kami juga berharap investasi baru dari Korea Selatan akan banyak masuk pada 2014 ini,” kata dia.

BP Batam pada 2014 menargetkan investasi asing baru sebesar US$350 juta dan aplikasi investasi sebesar US$500 juta. “Hingga awal tahun ini, sudah banyak yang masuk. Termasuk investor Jepang yang menanamkan investasi baru sekitar US$180 juta,” kata Ilham. BP Batam, kata dia, juga akan melakukan promosi investasi ke kawasan Amerika dan Eropa yang mulai pulih dari krisis global.(Antara)

(Pri) (MetroTVNews.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut