Kota Padangsidimpuan Kekurangan 4.413 Surat Suara Pemilu 2019


1
8 shares, 1 point
Kota Padangsidimpuan Kekurangan 4.413 Surat Suara
Sejumlah warga dilibatkan untuk melipat dan menyortir surat suara pemilu 2019 di Kantor KPU Kota Padangsidimpuan, baru-baru ini.

PadangsidimpuanKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan (Psp) masih menunggu kekurangan kebutuhan surat suara, sesuai hasil sortir dan lipat yang sudah dilakukan. Hingga Selasa (2/4) kemarin, sebanyak 4.413 surat suara pemilu 2019 yang kurang dan rusak belum diterima pihak KPU Padangsidimpuan.

Ketua KPU Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis mengatakan, berdasarkan rapat pleno tentang kekurangan surat suara Pemilu 2019 yang dilakukan pada pertengahan maret kemarin, diketahui ada sebanyak 4.413 surat suara yang rusak dan kurang.

Dari jumlah tersebut, terangnya, untuk kebutuhan surat suara Pilpres sebanyak 445 Lembar, DPR RI Dapil (Daerah Pemilihan) Sumut 2 sebanyak 1.937 Lembar, DPD sebanyak 487 lembar, DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil 7 sebanyak 835 lembar. Dan untuk DPRD Kota Padangsidempuan, masing-masing untuk Dapil 1 sebanyak 251 Lembar, Dapil 2 sebanyak 163 lembar, dan Dapil 3 sebanyak 295 lembar.

“Jumlah tersebut berdasarkan hasil pengecekan dan sortir yang sudah dilakukan. Ada yang rusak dan ada yang kurang dari kebutuhan surat suara Pemilu 2019 di Kota Padangsidimpuan,” terang Tagor, Selasa (2/4) kemarin.

Ditanya kapan kekurangan tersebut akan sampai, Tagor mengaku sudah melaporkannya ke KPU Provinsi Sumut. Dan sesuai dari hasil rapat pimpinan (Rapim) yang diikutinya di Jakarta pada akhir Maret kemarin, kekurangan logistik surat suara akan didistribusikan paling lama pada 5 April 2019 nanti.

” Sampai saat ini KPU Padangsidempuan masih menantikan kedatangan logistik surat suara tersebut. Kendalanya ada di pengesetan dan pengepakan, dimana masih ada yang kurang dari jumlah yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Untuk jumlah kebutuhan surat suara yang seharusnya, Tagor menjelaskan, untuk Pilpres, DPR RI Dapil Sumatera Utara 2, DPD dan DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil 7 masing-masing sebanyak 145.279 lembar.

Serta untuk DPRD Kota Padangsidimpuan, masing-masing untuk Dapil 1 sebanyak 56.910, Dapil 2 sebanyak 44.780 dan Dapil 3 sebanyak 43.589 lembar surat suara yang sudah termasuk cadangan Dua Persen untuk setiap TPS yang ada.

“Kita berharap, dalam dua sampai tiga hari kedepan, kekurangan logistik tersebut sudah bisa tiba di KPU Padangsidimpuan. Dengan demikian, sortir, lipat, pengesetan dan pengepakan dapat kembali dilanjutkan.” Pungkasnya dan berharap, persoalan tersebut tidak menjadi kendala untuk proses pemilu di Kota Padangsidempuan. (fid) (FaseBerita)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
1
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut