KPK Minta Tambahan 3 Ribu Penyidik


0
Gedung KPK
Gedung KPK

JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad meminta Komisi III DPR memberi ruang kepada KPK untuk melakukan penambahan penyidik dalam jumlah besar.

Dikatakan Abraham, bila dibanding dengan lembaga pemberantsan korupsi di China, setingkat wilayah dibekali dengan 300 penyidik. Hal itu berbanding terbalik dengan kondisi yang dijalani KPK.

“Teman-teman DPR, berikan kita kesempatan perluas jumlah penyidik, minimal 3 ribu. Kalau sekarang penyidik KPK 60 orang disuruh berantasan korupsi dari Sabang sampai Merauke,” kata Abraham Samad saat RDP dengan Komisi III DPR RI, Senin (2/12).

Menurut Abraham, jumlah penyidik yang 60 orang itu sangat tidak sebanding dengan tindak pidana korupsi yang semakin hari semakin masif di tanah air.

“Apalagi sekarang korupsi sudah sangat masif, agak sulit, kewalahan kita,” ujar Abraham Samad dalam rapat dipimpin Ketua Komisi III Pieter Zulkifli itu.

Dalam RDP kali ini, Komisi III DPR lebih mendalami masalah kinerja KPK dalam melakukan pemberantasan maupun pencegahannya. Para politisi DPR sebaliknya meminta KPK lebih menekankan pada aspek pencegahan korupsi banding penindakannya.(fat/jpnn) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut