KPK Periksa Sutan Bhatoegana


0

Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Sutan Bhatoegana, dalam kasus dugaan penerimaan hadiah terkait proyek Pusdiklat Olahraga Hambalang, Rabu (13/11).  Sutan diperiksa sebagai saksi mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang menjadi tersangka kasus itu.

”Saya dipanggil KPK untuk menjadi saksi tersangka Anas Urbaningrum dalam kasus Hambalang. Ya, sudah nanti apa yang mau ditanya saya enggak tahu,” kata Sutan di Gedung KPK RI, Jakarta, Rabu.

Sutan hadir mengenakan kemeja batik berwarna biru sekitar pukul 09.50 WIB. Ketua DPP Partai Demokrat ini sebelumnya mengatakan bahwa ada praktik bagi-bagi uang dan 300 handphone BlackBerry pada Kongres Partai Demokrat 2010 untuk pendukung Anas yang saat itu menjadi calon ketua umum Demokrat.

Sementara itu, dalam dakwaan Deddy Kusdinar, Anas disebut mendapat uang tersebut dari PT Adhi Karya sebesar Rp 2,21 miliar.

Seperti diketahui, KPK juga tengah mendalami dugaan dana korupsi Hambalang dan proyek pemerintah lainnya yang mengalir ke Kongres Partai Demokrat 2010 di Bandung. Sebelumnya, KPK juga pernah memanggil sejumlah kader Demokrat untuk diperiksa sebagai saksi, di antaranya Ramadhan Pohan, Max Sopacua, dan Marzuki Alie.

Tidak Tahu
Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana mengatakan dirinya ditanyai penyidik KPK soal dugaan aliran dana ke Kongres Partai Demokrat di Bandung pada 2010. Namun, Sutan mengaku tak tahu hal tersebut.

”Tadi saya ditanya tahu enggak aliran dana ke kongres itu. Saya bukan panitia, saya enggak tahu,” kata Sutan seusai diperiksa di Gedung KPK. Menurut Sutan, panitia kongres yang seharusnya mengetahui hal itu. Saat itu Sutan mengatakan dirinya hanya sebagai peserta dan pendukung Anas Urbaningrum yang saat itu dicalonkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

”Yang tahu, kan panitia. Pernyataan saya, kan mereka yang tahu,” ujar anggota DPR RI ini.  Sutan juga menegaskan dirinya tidak menerima uang saat Kongres Demokrat. Namun, sebelumnya Sutan mengakui ada praktik bagi-bagi uang dan pembagian 300 handphone Blackberry untuk para pendukung Anas Urbaningrum. (Kcm/Int)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut