KPU Sidimpuan Diminta Sosialisasikan PKPU 17


0

SIDIMPUAN – Terkait perkembangan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelang Pemilu Legislatif tahun 2014 mendatang, KPU Kota Padangsidimpuan diminta melakukukan sosialisasi PKPU Nomor 17, tentang pelaporan dana kampanye. Sebab sesuai dengan pasal 48 PKPU nomor 17 berlaku sesaat peraturan ditetapkan KPU Republik Indonsia.

“Sebelum meminta pelaporan dana kampanye terhadap partai politik ataupun peserta Pemilihan Legislatif 2014 mendatang, KPU Kota Psp diminta melakukan sosialisasi laporan dana kampanye terhadap Partai Politik guna untuk pemahaman tentang teknis pelaporan dana kampanye kepada Komisi Pemilihan Umum. Karena sesuai dengan ketentuan PKPU nomor 17, waktu berlaku untuk pelaporan dana kampanye ialah mulai dari ditetapkannya peratutaran tersebut,” ungkap salah seorang aktivis Kota Psp Andi Lumalo Harahap, Rabu (4/12).

Dia menambahkan, mengingat waktu masa kampanye yang tinggal beberapa bulan lagi, KPU Kota Psp harus sesegara mungkin melakukan sosialisasi PKPU Nomor 17 tersebut.

Sehingga masyarakat dapat mengetahui  berapa besaran dana kampanye calon legislatif yang ikut dalam Pileg 2014 mendatang. Selain itu, tujuan lain untuk melakukan sosialisasi ini agar tidak ada kecurangan calon legislatif dalam melakukan persaingan di masa kampanye mendatang.

“Sumber dana kampanye, rekening dana kampanye, pelaporan dana awal, dan lain sebagainya telah tercantum dalam PKPU nomor 17 tersebut. Maka dari itu, kita meminta agar KPU secepatnya melakukan sosialisasi, mengingat waktu kampanye Pemilihan Legislatif yang tidak lama lagi dilaksanakan,” jelasnya

Sementara itu Ketua KPU Kota Psp, Ahmad Rasyd mengatakan, pihak KPU Kota Psp bersama kabupaten/kota lainnya baru saja melaksanakan pulang dari KPU Provinsi Sumatra Utara untuk membahas tentang PKPU Nomor 17 tentang pelaporan dana kampanye.

“Kami masih di jalan menuju Kota Psp. Setelah sampai di Psp, KPU akan melakukan sosialisasi PKPU Nomor 17 terhadap Partai Politik sebelum penagihan laporan dana kampanye dilakukan. Karena seluruh KPU kabupaten/kota di Sumut masih melakukan membahas PKPU tersebut di KPU Provinsi, besok akan kita sosialisasikan,” ungkapnya melalui telpon. (mag-02) (Metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut