Lansia Tapanuli Selatan Banyak Terkena Asam Urat


1
1 point
Lansia Tapanuli Selatan Banyak Terkena Asam Urat
Salah satu warga lanjut usia di Desa Sisoma, Kecamatan Tano Tombangan Angkola, Tapanuli Selatan diperiksai kesehatannya oleh salah satu petugas yang berada pada Pos Windu Pos Niroha di desa ini. (Antara Sumut/Kodir)

Tapanuli Selatan – banyak warga lanjut usia Tapanuli Selatan utamanya di Desa Sisoma, Kecamatan Tano Tombangan Angkola mengeluhkan penyakit asam urat.

“Pemicu asam urat adalah gaya hidup tidak sehat,”Kata Kabid pengendalian masalah kesehatan Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan dr Sri Khairunnisa di Sipirok, Rabu.

Untuk menghindari asam urat ia menyarankan masyarakat untuk tidak mengonsumsi seperti jeroan (bagian dalam hewani), kerang, dagingan, udang, kacangan, dan lainnya.

“Menjaga olahraga secara rutin dan makanan secara teratur faktor penting menghindari penyakit asam urat ini,”sebutnya.

Pos Windu Pos Niroha yang ada di Desa Sisoma setiap bulannya memberikan pelayanan (pemeriksaan) kesehatan bagi masyarakat secara gratis melibatkan satu bidan dan lima kader Pos Yandu.

Layanan mulai timbang berat badan, lingkar perut, tinggi badan, tekanan darah, gula darah, kolestrol, dan asam urat yang menjadi keluhan mayoritas warga desa Sisoma dalam setiap pemeriksaan.

“Dari sekitar 80 orang warga Lansia dan pra Lansia tercatat di desa Sisoma ini keluhannya asam urat penyakit yang mengganggu persendian,”kata Sri hasil pemantauannya dari Pos Windu.

Pos Windu sifatnya hanya pemeriksaan untuk pelayanan desa sebagai usaha kesehatan berbasis masyarakat. Saat ini ada 145 Pos Windu setiap desa dari 212 desa di Tapanuli Selatan.

“Tujuannya agar masyarakat dapat sehat cerdas dan sejahtera sesuai visi misi Kabupaten Tapanuli Selatan,”katanya. (Antara Sumut)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
1
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut