Lima Fakta tentang Gigi yang Harus Diketahui


0

Kiat-kesehatan-gigi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Mengabaikan kesehatan gigi, berarti mengabaikan kesehatan tubuh lainnya. Pasalnya, jika gigi tak dirawat secara maksimal, gigi akan terserang kuman atau mengalami kerusakan.

Berikut ini fakta tentang gigi:
1. Gosok gigi yang paling bagus satu jam setelah makan. Karena setelah kita makan, derajat keasaman pada gigi akan naik dan asam akan menghauskan email gigi, serta lapisan di bawah email yang disebut dentin. Jika kita langsung menyikat gigi setelah makan akan merusak email dan dentin tersebut.

2. Gigi geraham terakhir atau geraham bungsu bisa keluar atau tidak. Jika tak bermasalah umumnya tidak mengganggu, begitu juga sebaliknya. Tetapi kita harus waspada jika kepala pusing dan sendi ngilu, karena hal itu tanda-tanda geraham bungsu bermasalah.

3. Masih mengenai gigi geraham. Gigi geraham bungsu yang paling belakang tumbuh miring akan menyebabkan orang merasa kesakitan sekali ketika giginya tumbuh. Tetapi ini sangat individual sekali. Salah satu faktornya karena genetik. Seperti rahangnya kecil, bentuk gigi besar, posisi benih gigi perlu diperhatikan. Kalau tidak, gigi akan tumbuh miring, kepala sakit, tindakannya akan dilakukan pembedahan, agar gigi diberikan jalan keluar.

4. Gigi akan mencari pasangannya. Gigi atas dan gigi bawah. Jika gigi atas tanggal atau copot, gigi bawah akan naik atau lama-kelamaan akan miring, untuk mengisi ruang yang tersisa. Dan hal ini akan mengakibatkan struktur gigi berubah.

5. Gigi goyang dapat dikuatkan dengan cara oral profilasi, seperti fisioterapi, tetapi dokter harus lihat dulu kerusakannya. Jika rusaknya berat atau pasien ada penyakit lain, dokter akan menyarankan perawatan atau tindakan lainnya. (Agustina N.R)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut