Longsor, Jalur Aek Latong Sipirok masih Belum Aman Dilalui


0

longsor aek latongSIPIROK – Sejak longsor lalu putus setelah diguyur hujan deras pada Selasa (12/11) lalu, hingga kini Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sipirok-Tarutung km 9, tepatnya di Sibadogil Gunungsari (dekat Aek Latong), Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) masih belum aman untuk dilalui.

Kepala Desa Luat Lombang Muara Siregar, kepada METRO, Sabtu (16/11), mengatakan, jalur tersebut belum aman untuk dilalui dan beberapa truk yang terjebak belum beranjak dari tempat antrinya karena badan jalan buatan masih sangat labih untuk dilalui. “Masih belum aman, beberapa truk yang sempat terjebak masih berada di lokasi,” ucap kades.

Dikatakan kades, warga sekitar bersama kepolisian tetap siaga di lokasi untuk mengantisipasi keadaan sekaligus mengatur lalu lintas agar melintas secara teruatur dan satu persatu terutama bagi kenderaan yang dizinkan.

Sementara itu, Sawaluddin Parapat (48) mengatakan, kerusakan yang terjadi adalah akibat dari lambatnya penanganan. Ia berharap kesigapan pihak terkait yang berwenang mengatasi kerusakan itu dapat dengan segera menuntaskan kerusakan yang ada.

“Sebagai warga kita sangat menyesalkan lambannya penanganan. Padahal sekitar 4 bulan yang lalu titik jalan itu dan beberapa titik lainnya telah longsor, dan sempat juga menghambat arus lalu lintas ketika itu, tetapi ternyata sampai sekarang belum diupayakan penanganannya,” ucapnya.
Hal yang sama juga diungkapkan pengguna jalan Arman Badrisyah Hasibuan. Menurutnya instansi yang berwenang terkesan tutup mata dan seolah membiarkan kondisi itu sekalipun sangat mengancam dan membahayakn keselamatan pengguna jalan.

“Penanganan yang lamban, ujung ujungnya warga juga yang merasakan akibatnya. Semoga ini menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang,” ungkapnya. (ran) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut