Madina mempunyai Potensi Sumber Daya Alam yang luar biasa


0

Panyabungan. Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Mandailing Natal  sangat luar biasa, terdiri dari pertanian, perkebunan, perikanan/laut maupun potensi pertambangan sehingga perlu perencanaan pembangunan yang matang. Demikian disampikan Kepala Bappeda Sumatera Utara (Sumut) Ir H Riadil Akhir Lubis MSi, pada acara Musrenbang Kabupaten di Gedung Serbaguna Kecamatan Panyabungan dihadiri Plt Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution, Sekda M Yusuf Nasution, Kepala Bappeda Madina Abu Hanifah dan seluruh SKPD, Jumat (21/3).

Riadil mengatakan, dalam Musrenbang akan tertuang usulan dari kabupaten/kota untuk rencana pembangunan yang akan dibawa ke tingkat provinsi untuk dibahas bersama. Makanya perlu usulan tersebut menyentuh bagi percepatan pembangunan daerah. “Madina memang masih memiliki puluhan desa teringgal dan ini perlu dijadikan prioritas. Meskipun pertumbuhan eknomi Madina termasuk tinggi di Sumatera Utara. Ada tiga komoditas yang memengaruhi inflasi di antaranya cabai merah, bawang merah yang perlu menjadi perhatian bagi Pemkab Madina,” katanya.

Sementara untuk pembangunan jalan provinsi, katanya, Pemprovsu telah menganggarkan Rp1 triliun yang dialokasikan kepada kabupaten/kota, dimana Madina termasuk di dalamnya dengan pembangunan jalan di sepanjang Pantai Barat Madina. Dia juga mengatakan, pembukaan Jalan Pagur (Madina)-Hapung (Padang Lawas) sudah menjadi prioritas dan ini perlu mendapat tindak lanjut dari kedua kabupaten.

“Pada musrenbang kali ini, kita harus memperkuat daya saing Sumut, tentu itu tidak terlepas perkuat daya saing daerah, dengan terus meningkatkan infrstruktur pendukungnya, baik itu komiditas andalan, jalan dan fasilitas lainnya. Dan saya harapkan ujung tombak itu SKPD, Camat beserta jajarannya dalam pemberian pelayanan maksimal terhadap masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Riadil berpesan agar Pemkab Madina meningkatkan koordinasi dengan Pemprovsu dalam menyerap berbagai kebutuhan daerah, ditambah dengan penjalinan kerja sama dengan BUMN maupun perusahaan dalam corporate social responsibility (CSR) untuk pembangunan daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution, mengatakan, melalui kegiatan musrenbang ini akan dapat mengusulkan berbagai program pembangunan pada TA 2015. “Saya berharap dengan kehadiran Kepala Bappeda Sumut bisa menambah pengetahuan kita dalam menyusun hasil musrenbang demi kemajuan Madina ke depan,” katanya. (zamharir rangkuti) (MedanBisnisDaily.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut