Mahasiswa S3 Ini Jaga Kesehatan dengan Mengasup Ribuan Serangga


0

Blackburn, Inggris , Kebanyakan orang berupaya menjaga kesehatan mereka dengan berolahraga dan memperbanyak makan sayur serta buah. Tapi bagi Peter Bickerton (24) ia punya cara tersendiri menjaga kesehatannya yaitu dengan makan serangga.

Mahasiswa PhD di Manchester University ini mengaku sudah menghabiskan lebih dari 10.000 jangkrik, 5.000 ekor belalang, dan 1.000 larva. Di hari-hari biasa, Peter akan memilih oatmeal berbahan belalang beku dan sandwich isi jangkrik untuk makan siang.

Saat malam hari, ia akan menyantap sepiring Taco larva. Pola makan seperti ini ia terapkan karena Peter percaya makan serangga adalah cara paling efektif untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung.

“Semuanya berawal saat pamanku meninggal di usia 45 tahun karena penyakit jantung. Sebulan kemudian, pamanku yang lain terkena serangan kantung hingga menjalani operasi tiga kali. Tak lama bibiku kena stroke,” kisah Peter.

Bahkan, ibunya yang terdiri dari tujuh bersaudara dikatakan Peter memiliki kadar kolesterol tinggi. Merasa kesehatannya terancam, Peter lantas menempuh cara agar ia tak bernasib sama seperti keluarganya. Setelah mencari informasi, Peter memutuskan untuk mengonsumsi serangga sebagai upayanya mencegah penyakit jantung.

“Aku pertama kali makan serangga di tahun 2009 saat pergi ke Ekuador. Salah satu suku di sana menyediakan larva kumbang bakar sepanjang tiga inci dan saat aku makan, rasanya sungguh luar biasa,” kata Peter seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (7/3/2014).

Tahun 2011, ia melakukan penelitian lebih lanjut tentang kegunaan konsumsi serangga. Menurutnya, serangga adalah sumber makanan yang paling sedikit mengandung minyak jenuh dibanding daging hewan lainnya. Seperti diketahui, lemak jenuh adalah penyebab penyakit jantung.

Selain itu, serangga juga dikatakan Peter mengandung protein dua kali lebih banyak ketimbang daging sapi. Kandungan omega 3-nya pun lebih tinggi dibanding ikan. Temuan ini menyebabkan Peter memasukkan serangga sebagai menu sehari-harinya yang kadang dipadukan dengan daging biasa.

Berbagai resep pun dicoba Peter. Mulai dari burger belalang dan daging sapi, puding larva, belalang asam manis, pizza belalang, dan sandwich jangkrik dipadu saus kacang. Semenjak makan serangga, Peter mengaku tubuhnya lebih fit dan berat badannya stabil.

“Aku juga lebih berenergi karena aku percaya serangga mengandung lebih banyak zat besi. Misalnya saja belalang, kandungan zat besinya sepuluh kali lebih banyak dibanding daging lainnya,” kata Peter.

Apa yang dilakukan Peter tak jarang membuat keluarga dan temannya merasa aneh sekaligus jijik. Meski begitu, Peter senang karena kekasihnya, Marina sudah bisa mengubah pola makannya sebab ia juga menyukai diet serangga seperti Peter.

Selama ini, Peter mendapat pasokan Serangga dari peternak serangga di Somerset. Ia mengatakan, serangga favoritnya adalah belalang sebab rasanya manis dan gurih, terutama di bagian kepalanya. “Dengan makan serangga Anda juga bisa menghemat kekayaan alam berupa biji-bijian, air, dan sumber bahan makanan lainnya,” tandasnya. (Detik)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut