Mendikbud Usut Pembuat Soal UN Berisi Profil Jokowi


0

Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh, tengah mengusut pembuatan soal Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia untuk SMA dan sederajat. Pasalnya, soal tersebut memuat profil tentang Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, yang tengah maju dalam bursa calon Presiden RI periode 2014-2019.

“Kami akan rapat investigasi temuan tersebut, dan mengecek. Soal kan ada 20 tipe dan di beberapa tipe regionel berbeda. Maka kita telusuri dulu,” ucap M Nuh di kantor Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Menurut dia, soal itu pastilah melalui tahapan seleksi sebelum dicetak. Terlebih, waktu pembuatan soal mencapai enam bulan.

“Seharusnya dalam membuat soal itu jangka waktu enam bulan, sebelum pelaksanaan UN. Bukan mendadak,” kata dia.

Oleh karena itu, M Nuh enggan berspekulasi lebih jauh. Kemendikbud masih menunggu hasil penelusuran tim. Namun, dia berjanji akan tegas dalam menyikapi hal ini.

“Jika terdapat indikasi menyimpang, akan dijatuhi sanksi,” tukasnya.

M Nuh akan mengadakan pertemuan bersama Wakil Menteri, BSNB, litbang, Inspektorat, Sekjen dan Dirjen di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terkait pembahasan kasus tersebut. Rapat dilaksanakan secara tertutup.

Sebelumnya, di media sosial digegerkan oleh gambar soal UN Bahasa Indonesia tingkat SMA, yang memuat biografi Jokowi sebanyak dua paragraf.

Pada soal tersebut, siswa diminta menjawab soal dalam bentuk keteladanan yang dimiliki oleh mantan Wali Kota Surakarta itu.

(Bob) (metrotvnews.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut