Menteri utama Skotlandia mundur dari jabatannya


0

Menteri utama Skotlandia mundur dari jabatannyaMenteri Utama Skotlandia sekaligus pegiat kemerdekaan Alex Salmond secara tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya. Dia melakukan itu setelah Skotlandia gagal berpisah dari Inggris.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Sabtu (20/9), Salmond mengatakan secara resmi tidak lagi bertugas menjadi menteri utama di awal bulan depan. Dia bilang ingin memberi kesempatan pada generasi selanjutnya untuk memimpin Skotlandia.

“Generasi baru akan membawa bangsa ini ke arah lebih baik,” ujar Salmond.

Dia sempat memberi peringatan keras pada Perdana Menteri Inggris David Cameron untuk tidak menempatkan kekuasaan pemerintah Inggris ke Skotlandia dalam waktu enam bulan ke depan.

Salmond telah menjadi orang kuat di Partai Nasionalis Skotlandia selama dua dekade dan menjadi menteri utama selama tujuh tahun. Menurutnya sudah saatnya dia digantikan oleh mereka yang kompeten memimpin negeri itu.

Skotlandia dua hari lalu melakukan pemungutan suara apakah mereka merdeka dari Inggris atau tidak. Namun hasil akhir menunjukkan rakyat Skotlandia lebih memilih tetap bersatu dengan Britania Raya ketimbang mandiri. (Merdeka)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut