MTQN ke-51 Tapanuli Selatan Dibuka


1
42 shares, 1 point
MTQN ke-51 Tapanuli Selatan dibuka
Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu melalukan pemukulan bedug tanda dibukanya MTQN ke-51 tingkat Kabupaten tahun 2019 di Siuhom Sitinjak, Kecamatan Angkola Barat, daerah tersebut. (Antara Sumut/Kodir)

Tapanuli SelatanMusabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-51 tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan tahun 2019 dibuka oleh Bupati Syahrul M.Pasaribu, Minggu (24/3) malam pukul 23.00 WIB ditandai pemukulan bedug.

Pantauan dilokasi terlihat antusias ribuan masyarakat hadir memadati lapangan hijau Siuhom Sitinjak Kecamatan Angkola Barat lokasi MTQ digelar (24-26/3/2019).

Bupati dalam sambutannya sekaligus membuka MTQ berharap kegiatan keagamaan ini menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif.

Selain itu menjadi forum silaturrahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persatuan/kesatuan dan persaudaraan serta ikatan kebersamaan.

Sisi lain Syahrul juga mengatakan bahwa perhatian pemerintahan H.Joko Widodo untuk ummat Islam cukup besar antara lain dengan ditetapkannya 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional melalui Kepres No.22 Tahun 2015 dan upaya pemerintah mendekati pemerintah Saudi Arabia untuk menambah kuota haji dari kurang lebih 180.000 menjadi kurang lebih 210.000 yang sudah berhasil.

“Saya juga berharap MTQ ini menjadi salah satu sumber kesejukan, menjadi sumber mata air melimpahnya ukhuwah islamiyah kita. Juga harus kita perangi hoax, fitnah memfitnah, ujaran kebencian, hingga adu domba diantara sesama ummat,” maupun sesama anak Bangsa” kita semua harus menghindarinya, sebutnya.

Bupati juga mengajak seluruh yang hadir memanjatkan doa dengan membaca surah al fatiha untuk dihadiahkan kepada almarhum HM. Saleh Harahap (mantan Bupati Tapsel periode 2000 – 2005) yang telah menghibahkan sebagain tanah untuk digunakan pembangunan tribun dan jalan dilokasi MTQN ke-51.

Sebelumnya ketua umum panitia Marasaud mengatakan jumlah peserta pada MTQ ke-51 ini sebanyak 624 orang berasal dari 15 kecamatan se Tapanuli Selatan.

Hadir dalam acara ini Forkopimda, Wakil Bupati Tapsel, DPRD Tapsel, Ketua TP PKK Tapsel, Ketua MUI, IPHI, Pemuda,Mahasiswa, Ketua Majelis Wali Amanat USU, Kakan Kemenag, BKMT, Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu.

Berbagai tarian konfigurasi yang dibawakan anak-anak remaja dikolaborasikan musik tradisional turut menjadi pusat perhatian dan cukup menghibur para pengunjung diacara pembukaan MTQ ini. (Antara Sumut)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
1
Kaget
Keren Keren
1
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut