Mulai 1 November 2013 Inalum Seratus Persen Dikelola Indonesia


0

inalum-fbJAKARTA(Berita)  Pemerintah dan Komisi XI DPR RI telah menyepakati pengambilalihan    PT Inalum . Dengan  kesepakatan ini, maka terhitung 1 November 2013 PT Inalum 100 persen dikelola Indonesia.

” Kita,  Komisi XI yang membidangi anggaran menyetujui langkah Pemerintah untuk mengambilalih Inalum dengan mempergunakan  anggaran APBN , ” ujar  Anggota Komisi XI DPR RI, dari Fraksi Hanura, Ir Nurdin Tampubolon usai rapat kerja dengan  Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri  di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (3 0/10).

Kesimpulan rapat  Komisi XI DPR dengan pemerintah juga menyebutkan dalam  pengambilalihan Inalum, pemerintah sudah memperhitungkan tanggungjawabnya dan menyepakati  menyepakati pasca pengambilalihan PT Inalum untuk melakukan penyempurnaan tata kelola serta proyeksi bisnis Inalum.

Nurdin Tampubolon  mennegaskan dengan persetujuan Komisi XI DPR ini, maka pengambilalihan Inalum tidak perlu diselesaikan  melalui sidang arbitrase.

“Memang kalau kita cermati selisih yang harus kita bayarkan, ada hal yang tidak  fair dilakukan Inalum, dimana Jepang membeli Ingot dari Inalum dengan harga Yen, sedangkan mereka menjual dengan harga dollar. Kalau patokannya Yen, tentu selisih harga tidak sampai US$  60 juta, tapi sebesar US$ 558 juta, sesuai perhitungan yang dilakukan oleh BPKP. Namun dari pada pengambilalihan Inalum ini berlarut-larut, maka kita berpendapat menyelesaikannya sekarang  dan  tidak perlu ke sidang Arbiterasi.

” Kalau ke arbitrase bisa jadi dananya lebih besar dan menguras tenaga dan pikiran kita. Apalagi, selisih  yang harus dibayar tidak begitu jauh berbeda, yang terpenting  pengambilalihan Inalum harus kita finalkan dengan capat, dan tepat,” tandas wakil rakyat dari daerah pemeilihan Sumur 1 ini .

Sekarang yang terpenting, tambah Nurdin,  kita bahas apakah dana yang ada sekarang masih perlu kita tambah untuk biaya operasional ketika Inalum sudah 100 persen kita kelola? Atau masih diperlukan dana tambahan, ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumut 1 ini.

Disamping itu, yang menjadi perhatian kita juga adalah ,  mesin-mesin, dan peralatan lainnya di pabrik peleburan aluminium serta PLTA Sigura-gura dan PLTA Tangga itu memang rutin di Rawat, sehingga ada jaminan Inalum  masih laik operasi, tandasnya ” Perawatan  seluruh bangunan, mesin-mesin, dan peralatan lainnya  secara periodik sangat penting agar tidak keropos, dan rusak . Demikian juga apakah Inalum melakukan peningkatan teknologi  pada fasilitas dan peralatan, sehingga seluruh mesin dan bangunan masih kuat. (aya)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut