Nelson Mandela Belum Bisa Bicara


0

nelson mandelaKondisi mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel), Nelson Mandela, masih belum membaik setelah dipulangkan dari Rumah Sakit Medheart Clinic pada tanggal 1 September lalu. Mantan istrinya, Winnie Madikizela-Mandela, mengatakan Mandela masih belum dapat berbicara hingga saat ini. Harian Sydney Morning Herald (SMH), melansir ketidakmampuan Mandela berkomunikasi karena adanya selang yang dimasukkan ke dalam mulut.

Selang itu untuk menyedot cairan dari dalam paru-parunya. “Dia tidak dapat mengucapkan apa pun karena semua selang itu ada di dalam mulutnya,” ungkap Winnie seperti dikutip harian Sunday Newspaper.  Sebagai gantinya, ujar Winnie, Mandela berkomunikasi dengan menggunakan ekspresi wajah.

Para dokter yang merawatnya pun berharap, kondisi Mandela semakin membaik. “Anda tahu, dia berkomunikasi dengan menggunakan wajah,” kata dia.  Saat ini, presiden kulit hitam pertama itu berada dalam pengawasan sebanyak 22 dokter ahli. Kendati pneumonia di dalam paru-parunya telah dibersihkan, tetapi organnya itu tetap sensitif.

“Sangat sulit bagi dia. Mandela tetap sensitif terhadap kuman apa pun, jadi dia harus tetap berada di tempat yang steril. Kamar tidur yang disediakan di sini, mirip seperti kamar perawatan intensif (ICU),” kata Winnie.  Kendati kondisi Mandela belum pulih benar, namun Winnie tetap bersyukur karena Tuhan berhasil menyelamatkannya dari infeksi paru-paru kali terakhir. (Snh/vvn/Int) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut