Padangsidimpuan Butuh Tong Sampah


0
Tumpukan sampah di Jalan Imam Bonjol Padangmatinggi, Sabtu (7/12).(Foto: Pardingotan)
Tumpukan sampah di Jalan Imam Bonjol Padangmatinggi, Sabtu (7/12).(Foto: Pardingotan)

SIDIMPUAN – Sejumlah titik khususnya di tiap simpang jalan utama di Kota Padangsidimpuan (Psp) dinilai perlu ada tong sampah. Pasalnya, banyak ditemukan tumpukan sampah berserakan yang merusak keindahan kota.

Hal ini ditegaskan Aktivis Aliansi Mahasiswa Masyarakat Peduli Birokrasi Bersih (AMMPBB) Horizon Saputra Siregar, kepada METRO, Sabtu (7/12).

Ia mencontohkan, di sepanjang Jalan Imam Bonjol Padangmatinggi tampak tumpukan sampah meski dibungkus dengan berbagai plastik atau karung namun dianggap tetap tidak efisien jika dibiarkan bertumpuk tanpa tong sampah sebagai wadahnya.

“Hal itu sudah pantas dibenahi melalui instansi terkait untuk mengadakan tong sampah di tiap gang atau simpang jalan-jalan utama yang dengan mudah diangkut petugas kebersihan kota,” terangnya.

Selain itu, pengadaan tong sampah untuk gang-gang yang tidak dapat dijangkau mobil petugas kebersihan juga dianggap perlu. Sebab, selama ini di beberapa tempat di Psp masih ada terdapat pemukiman tidak mempunyai tong sampah. Sehingga sampah berlama-lama tertumpuk.

Pengadaan tong sampah itu tentunya harus dibarengi dengan pengangkut sampah roda tiga yang dapat menjangkau gang-gang kecil.

“Pengangkut roda tiga itu juga perlu gunanya untuk mengangkut sampah yang ada di gang-gang kecil yang selanjutnya membuang pada tong sampah utama di daerah itu, seperti tong sampah yang berada di jalan Perintis Kemerdekaan sampah dibuang kesitu lalu akan diangkut mobil kebersihan,” katanya lagi.

Sementara itu Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kota Psp Donna saat dikonfirmasi menyebutkan pihaknya pun sudah merencanakan untuk pengadaan pengangkut sampah roda tiga. Saat ini, pihaknya hanya mempunyai tiga unit. Melihat luas dan kondisi wilayah Psp tentu pengangkut sampah itu dianggap kurang.

Meski demikian diakuinya hal tersebut baru terwujud pada tahun anggaran 2014 nanti, dalam hal ini pihaknya masih terus berupaya merencanakan agar dapat dipenuhi pada tahun mendatang. Terkait pengadaan tong sampah Donna mengaku saat ini Pemko melalui instansinya sedang dalam penantian tong sampah Organik dan Non Organik berupa bantuan dari Bank Sumut dalam tahun ini juga.

“Sesuai dengan wilayah kota, kita memang masih butuh tong sampah dan alat pengangkut sampah lainnya, namun untuk tong sampah dalam tahun ini kita dapat bantuan dari Bank Sumut dan kita masih menunggunya berupa tong sampah Organik dan Non Organik. Meski demikian kita telah merencanakan ke depan dalam meminimalisir sampah kita itu,” tutupnya. (tan) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut