Pakistan Siap Lanjutkan Perundingan dengan Taliban


0

ISLAMABAD — Menteri Pertahanan Pakistan Khawaja Muhammad Asif menyatakan pihaknya akan kembali melakukan perundingan dengan Taliban pada Rabu mendatang. Pembicaraan dilakukan untuk mencapai perdamaian melalui dialog.

Pembicaraan akan dilakukan setelah dihentikan pada dua pekan lalu saat militan membunuh 23 prajurit yang diculik.

“Perundingan tetap menjadi prioritas utama hari ini untuk menciptakan perdamaian di negara,” kata dia lewat saluran televisi Geo.

Namun ia memperingatkan bahwa operasi militer akan tetap diambil jika perundingan gagal.

“Jika tidak ada kemajuan dalam pembicaraan dan mereka gagal memenuhi tujuan, maka kami bisa melakukan operasi militer,” tambahnya.

Perundingan yang dimulai sejak Februari silam, merupakan janji kampanye utama Nawaz Sharif sebelum ia terpilih menjadi PM untuk yang ketiga kali pada tahun lalu.

Pengumuman itu disampaikan pada masa ketika banyak orang mengharapkan ofensif militer penuh di Waziristan Utara, salah satu dari tujuh daerah di kawasan suku semi-otonomi Pakistan, dimana Taliban dan militan terkait Al Qaida memiliki pangkalan-pangkalan yang digunakan untuk merencanakan serangan di Afghanistan.

Pakistan dilanda serangan-serangan bom bunuh diri dan penembakan yang menewaskan lebih dari 5.200 orang sejak pasukan pemerintah menyerbu sebuah masjid yang menjadi tempat persembunyian militan di Islamabad pada Juli 2007. (republika)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut